Pedagang Pasar Dirapid Test, 204 Reaktif

Pemerintah Kota Madya Makassar menggelar rapid test virus Corona (COVID-19) di sejumlah pasar tradisional di Makassar. Hasilnya sangat mengejutkan 204 pedagang terindikasi terpapar virus Corona.

Rapid test ini digelar sejak Selasa (12/5) lalu. Rapid test digelar di 18 pasar se-Kota Makassar dan diikuti ribuan pedagang dan pengunjung pasar.
“Hari keempat ini total reaktif sebanyak 204 orang, ada tambahan hari ini sebanyak 61 orang, 3 hari sebelumnya kita temukan 143 pedagang pasar yang reaktif,” ujar Jubir Tim Gugus COVID-19 Makassar Ismail Hajiali, Jumat (15/5).

Dikatakan, 204 pedagang yang reaktif Corona akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, berupa tes swab. Mereka juga akan dikarantina secara bertahap dan diikutsertakan dalam program duta wisata COVID-19 di sejumlah hotel berbintang yang telah disiapkan Pemprov Sulsel.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

“Mereka yang reaktif tapi memiliki gejala klinis COVID-19 langsung dirawat di rumah sakit rujukan Pemprov Sulsel,” tambah Ismail yang juga Kepala Dinas Kominfo Makassar ini.

Penjabat Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf, mentakan rapid test di pasar ini bagian dari upaya Pemkot Makassar untuk mendeteksi virus Corona. Hal itu juga untuk mencegah penyebaran virus Corona di Makassar.

Yusran pun menjanjikan akan memberikan ‘reward’ pada warganya yang mau melapor ke Tim Gugus COVID-19 Makassar, jika merasa memiliki gejala klinis atau memiliki riwayat pernah melakukan kontak fisik dengan pasien positif COVID-19.

“Jika kemudian hasilnya reaktif dan bersedia mengikuti program wisata COVID-19 di hotel itu kita berikan reward berupa jaminan untuk keluarganya berupa pemenuhan kebutuhan sehari-hari selama masa isolasi,” pungkas mantan Dekan Fakultas Kehutanan Unhas ini. (01)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed