Serahkan BLT, Khofifah : “Jangan Belikan Baju Lebaran ya Bu”

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta para penerima Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) tidak menggunakan dana itu untuk belanja baju lebaran.

Hal itu disampaikannya saat menyerahkan simbolis BLT Dana Desa di Kabupaten Pamekasan, tepatnya Desa Bunder di Kecamatan Pademawu.

“Jangan belikan baju Lebaran ya Bu, belikan makanan untuk kebutuhan Lebaran saja,” kata Khofifah, Sabtu, 16 Mei 2020.

Gubernur menyaksikan secara langsung penyerahan BLT DD di Desa Bunder ini melalui video konferensi dari Gedung Grahadi di Surabaya. Ia menjelaskan bantuan ini sebagai upaya untuk mengurangi beban warga terdampak COVID-19.

Sesuai arahan Presiden RI, pendistribusian bantuan dana desa diharapkan sudah bisa selesai sebelum Lebaran, sehingga bantuan pemerintah itu bisa dimanfaatkan masyarakat terdampak COVID-19.
Maryuni, salah seorang penerima bantuan langsung tunai di Desa Bunder, Kecamatan Pademawu berterima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang telah diterimanya itu.

Baca juga  Prabowo: Demi Rakyat, Saya Akan Lawan Korupsi, Saya Tidak Gentar

Pedagang krupuk keliling di desa itu mengaku, sejak COVID-19 mewabah, pembeli menurun, bahkan pernah tidak laku sama sekali dalam sehari.
“Terima kasih Pak Bupati dan Bu Gubernur atas bantuannya,” ucap Maryuni.

Hal senada juga disampaikan oleh Saniman. Petambak garam penerima BLT ini menjelaskan, saat ini kondisi perekonomian keluarganya sangat susah.

Selain karena memang belum musim produksi garam, dirinya mengaku kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan lain.

“Mator sakalangkong se benyak,” kata Saniman dalam Bahasa Madura yang artinya adalah terima kasih.

Desa Bunder merupakan satu dari 56 desa yang telah menyalurkan BLT hingga 16 Mei 2020, dari total 178 desa yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Baca juga  Layanan Kesehatan Pemkot Mojokerto Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran

Sementara Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyatakan Kabupaten Pamekasan termasuk kabupaten tercepat kedua di Jawa Timur dalam menyalurkan BLT, setelah Kabupaten Jombang.
Total penerima BLT desa di Pamekasan sebanyak 20.470 kelompok penerima manfaat dan sebanyak 142 diantaranya di Desa Bunder, Kecamatan Pademawu.

“Masing-masing KPM menerima sebanyak Rp 600.000,” katanya. ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed