DPR Minta Mendikbud Kurangi Anggaran Biaya Sekolah

Dewan Perwakilan Rakyat meminta Mendikbud meninjau penerapan biaya sekolah dari rumah.

SELAMA PANDEMI

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad pun meminta Mendikbud Nadiem Makarim meninjau kembali dana yang digunakan untuk belajar mengajar di sekolah.

Menurutnya hal ini karena di masa pandemi virus Corona (COVID-19), kegiatan belajar mengajar (KBM) dilakukan di rumah atau sekolah dari rumah (school from home).

“Kami meminta kepada Mendikbud untuk meninjau penerapan biaya sekolah selama sekolah dari rumah,” ungkap Dasco, Senin (8/6/2020).

Dasco menjelaskan, biaya untuk sekolah seperti listrik, alat tulis hingga kebersihan otomatis akan berkurang karena sekolah dari rumah ini. Untuk itu, DPR meminta agar dilakukan pengurangan anggaran.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

“Karena ketika sekolah dari rumah, itu untuk biaya listrik, ATK, kebersihan sekolah dan beberapa komponen yang dipergunakan saat anak-anak sekolah di sekolah itu kan tidak dipergunakan,” sebut Dasco yang juga Waketum Partai Gerindra ini.

ALOKASI KUOTA INTERNET

Selain itu, dia mengusulkan, dana yang dikurangi untuk sekolah tersebut bisa dialokasikan ke hal yang lain. Salah satunya untuk biaya internet bagi siswa, khususnya untuk mereka yang kurang mampu.

“Kita minta ada pengurangan-pengurangan biaya karena kan ada alokasi nanti untuk orang tua karena internet kan belum gratis. Sehingga akan dialokasikan untuk hal-hal yang lain,” tuturnya.

Ada dua klasifikasi yang anggarannya bisa dikaji, yakni sekolah negeri dan sekolah swasta. Untuk sekolah negeri yang gratis biaya pendidikannya, alokasi pemeliharaan gedung bisa digeser untuk membantu siswa yang melakukan kegiatan sekolah dari rumah.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

“Bisa buat beli kuota (internet) atau membantu guru yang juga masih suka keliling ke rumah siswa siswinya untuk mengajar,” tandas Dasco. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed