Perketat Protokol Kesehatan, RS Unair Terapkan New Normal

RS Unair Surabaya menerapkan pelayanan new normal. Penerapan new normal ini sudah berjalan Selasa (9/6/2020).

Protokol kesehatan di dalam RS Unair juga diperketat agar pelayanan semakin baik. Rektor Unair Prof Nasih mengatakan, upaya yang dilakukan ini merupakan untuk mendukung program pemerintah tentang new normal. Pasalnya, hal yang paling mendesak dan memang segera diperlukan adalah normal baru di lingkungan RS Unair.

“Hal ini bisa menjadi pijakan agar ke depan penerapan normal baru bisa diikuti dan dilaksanakan dengan baik di seluruh lingkungan Unair,” kata Nasih dalam keterangan pers, Senin malam (8/6/2020).

PELAYANAN TERPISAH

Dijelaskannya, penerapan standar new normal dimulai dari pelayanan terpisah. Di mana pasien umum dan pasien COVID-19 terpisah. Bahkan gedung hingga parkir masuk dan keluar.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

Untuk pasien COVID-19, per 8 Juni kemarin, resmi dilakukan perawatan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI). Sedangkan pasien umum non-COVID-19 dirawat di RS Unair.

Optimalisasi layanan pasien COVID-19 di RSKI beberapa fasilitas juga telah disiapkan dengan baik. Seperti 145 tempat tidur, 38 di antara merupakan ICU dan 107 yang lain adalah HCU,” terangnya.

RSKI juga mempunyai 117 tempat tidur yang dilengkapi dengan tekanan negatif. Bahkan untuk IGD yang menangani COVID-19 juga dilakukan secara terpisah, yakni di sisi timur gedung RSKI.

“Jadi pasien bisa diterima di sana dan langsung bisa ditangani untuk tahapan layanan selanjutnya,” lanjutnya.

DIBANTU ROBOT

Dalam penanganan COVID-19, RSKI melibatkan 45 dokter spesialis dan 250 perawat termasuk relawan. Ada pun robot yang membantu dokter dengan CCTV yang bisa berputar 360 derajat untuk mengurangi pertemuan dengan pasien, potensi penularan serta pemakaian APD.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

RS Unair juga menyiapkan kamar jenazah pasien COVID-19 berstandar internasional. Tentunya terpisah dengan kamar jenazah non-COVID-19. Kamar jenazah di RSKI juga termasuk yang paling modern karena dilengkapi dengan alat-alat canggih serta aman.

“Hal ini merupakan upaya kami melakukan normal baru dengan memisahkan pelayanan pasien umum di RS Unair dengan pelayanan COVID-19 di RSKI. Dengan ini semua kami berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, CT Corp dan Bank Mega, pihak Kementerian Pendidikan, dan para donatur yang telah mendukung sepenuhnya upaya pelayanan baru ini,” tandasnya. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed