Erick Thohir Ingin Ke Depan BUMN tak Gunakan APBN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir punya cita-cita ke depan perusahaan pelat merah tak lagi hidup dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


Dia memperkirakan hal tersebut bisa terwujud paling lama tiga tahun ke depan. “Kita sedang mencoba, alhamdulillah Presiden dan Bu Sri Mulyani mendukung 2-3 tahun ke depan BUMN sudah tidak terima APBN,” ujar Erick dalam diskusi virtual, Sabtu (13/6).


Nantinya, lanjut Erick, untuk menjalankan operasional BUMN akan menggunakan satu persen dari dividen sebuah perusahaan.
“Supaya apa, dari kementerian sendiri visinya sama dari korporasinya, bahwa kita harus bekerjasama dan menjaga supaya apa yang dibalikan ke negara makin hari makin besar. Selain tugas daripada layanan kepada masyarakat yang tetap kita jaga,” kata Erick.

Baca juga  Indonesia Darurat Judi Online, Tahun 2023 Perputaran Uang Rp 327 Triliun


Atas dasar itu, Erick menginginkan semua BUMN fokus ke bisnis intinya. Jika hal tersebut terlaksana, dia optimis keinginannya agar BUMN tak lagi dapat APBN bisa terwujud.


“Saya mau BUMN kembali ke core business dan menjadi expert-nya. Lalu, saya mau memastikan BUMN profesional dan transparan. Tidak ada lagi konsep project base,” ucap dia. Ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed