Press "Enter" to skip to content

Dukung Penelitian Vaksin Corona di Unair, Menko PMK Tawarkan Bantuan

Saat menghadiri pelantikan Rektor Unair Prof M Nasih, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendukung penelitian lima regimen kombinasi obat COVID-19 yang dilakukan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Muhadjir juga menanyakan apa saja hal yang dibutuhkan Unair dalam mendukung penelitian ini. Muhadjir ingin penelitian ini bisa berlanjut hingga memberikan dampak luas bagi masyarakat.

“Tadi saya sudah berdiskusi melihat langkah-langkah yang sudah dilakukan dan kira-kira apa yang menjadi kebutuhan berkaitan dengan masalah ini agar dalam berproses, penemuan dari Unair bisa ditindaklanjuti sehingga bisa memberikan kontribusi nyata dalam upaya kita untuk penanganan COVID-19,” tutur Muhadjir di Unair Kampus C Surabaya, Selasa (16/6/2020).

Baca juga  Kemenag Ajukan Tambahan Kuota Guru PPPK

LIMA OBAT

Temuan kombinasi lima obat dari Unair ini, ujarnya, merupakan kabar baik dalam penanganan COVID-19. Muhadjir juga mendukung penelitian Unair tentang vaksin COVID-19.

“Penemuan Unair ini terutama dalam menangani tingkat fatalitas yang di Indonesia ini cukup tinggi. Sementara vaksin untuk COVID-19 ini kita belum tahu kapan ditemukan. Tapi di Unair juga dikembangkan juga upaya untuk mengembangkan vaksin COVID-19 ini,” imbuhnya.

Selain itu, Muhadjir juga menyebut fasilitas kesehatan hingga laboratorium Unair cukup mumpuni dalam membantu menangani COVID-19.

“Untuk uji spesimen atau PCR untuk membackup kebutuhan penanganan COVID-19 khususnya di Surabaya, umumnya di Jatim di mana Unair ini salah satu perguruan tinggi yang memback up itu. Karena disini ada fasilitas laboratorium yang tingkat keamanannya untuk uji spesimen bisa dibilang 99% termasuk akurasinya. Fasilitasnya sudah sangat bagus sudah hampir 300 bed dan sangat memadai. Di sini juga diuji melakukan riset tentang obat untuk COVID-19,” imbuhnya.

Baca juga  Pemerintah Perpanjang Bantuan Tunai Hingga Tahun Depan

PESAN INOVASI

Muhadjir berpesan pada rektor Unair Prof M Nasih untuk terus melakukan banyak inovasi dan membawa Unair menjadi perguruan tinggi terbaik.

“Sudah terbukti Unair naik peringkat dari 800an sekarang sudah naik ke rangking 500 perguruan tinggi kelas dunia. Ini prestasi yang luar biasa. Mudah-mudahan di periode kedua Unair bisa melakukan lompatan yang bermakna untuk berbicara di tingkat nasional maupun global,” tegasnya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *