Press "Enter" to skip to content

Soal Pembukaan Umrah September, Kemenag Jatim: Insya Allah Jamaah Berangkat

Kementerian Agama Jawa Timur masih menunggu soal keputusan Arab Saudi untuk pembukaan umrah pada September mendatang.

“Kalau soal regulasinya kita tunggu Arab Saudi. Apapun yang terjadi kita akan menunggu,” tutur Kabid PHU Kemenag Kanwil Jatim Nurul Huda usai menghadiri silaturahim DPD Amphuri Jatim di Restoran KunoKini Surabaya, Rabu (1/7/2020).

MENAATI ATURAN

Menurutnya, tak hanya pihak travel, pemerintah pun berharap agar wabah virus Corona segera berakhir. Dengan demikian pemberangkatan umrah bisa kembali dilaksanakan. Namun demikian, Nurul Huda menegaskan bahwa Kemenag sebagai pelaksana dan jamaah umrah Indonesia merupakan tamu dari Arab Saudi. Sehingga harus menaati aturan dari tuan rumah.

Baca juga  Dinilai Abai Proses Seleksi Dirut, Dewas TVRI Diminta Mundur

Soal pemberangkatan jamaah umrah harus dengan protokol kesehatan, menurut Nurul Huda tak jadi masalah. Namun demikian, dia kembali mengingatkan bahwa pemerintah Indonesia tak bisa berbuat apa-apa sebagai tamu.

“Soal protokol kesehatan tubuh bisa kita laksanakan. Tapi kita sebagai tamu. Kalau sudah tidak dibolehkan tuan rumah (Arab) meski kita dengan protokol kesehatan juga tidak bisa apa-apa,” tegasnya.

Nurul Huda berharap agar wabah ini segera berakhir sehingga semua jamaah umrah yang sempat tertunda, tahun ini bisa diberangkatkan semuanya.

“InsyaAllah mudah-mudahan bisa berangkat September ini. Mudah-mudahan Arab sudah mencabut larangan umra,” urainya. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *