Gempa 3,7 Magnitudo Mengguncang Bukittinggi

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,7 juga dilaporkan terjadi di darat dengan episentrum sekitar 12 kilometer barat laut Bukittinggi, Sumatera Barat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa terjadi pada Jumat (21/5/2021) pukul 16.57 WIB.

BMKG mencatat hiposentrum (pusat gempa di bawah permukaan bumi) berada pada kedalaman 3 kilometer. Sebagai informasi, gempa bumi dangkal adalah yang hiposentrumnya berada kurang dari 60 km dari permukaan bumi.

Guncangan gempa itu terada dengan skala MMI III-IV di Bukittinggi dan Agam. Selain itu skala guncangan MMI II dilaporkan terasa di Padang Panjang.

Untuk diketahui, skala MMI adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi, dengan rentang paling lemah (I)-paling kuat (XII).

Adapun skala MMI II kondisinya getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Skala MMI III kondisi di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Lalu, skala MMI IV kondisinya pada siang hari dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.
Belum ada konfirmasi resmi BMKG soal kerusakan atau korban dari gempa yang terjadi hari ini. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed