Press "Enter" to skip to content

Besok Gerhana Bulan Total, Berikut Panduan Sholatnya dari Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam untuk melaksanakan Salat Kusuf pada saat gerhana bulan total berlangsung, besok, Rabu (26/5/2021).

“Kami mengimbau kaum muslimin agar melakukan Salat Gerhana,” kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam siaran persnya.

Berdasarkan data astronomi, pada Rabu (26/5/2021), gerhana bulan total atau Khusuful Qamar diperkirakan akan berlangsung sejak pukul 18:09 – 20:51 WIB.

PERBANYAK ZIKIR

Kamaruddin menjelaskan umat Islam dianjurkan melakukan salat gerhana sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW, serta dianjurkan memperbanyak zikir, doa, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Mempertimbangkan waktu terbit bulan di masing-masing daerah, maka Salat Gerhana bisa dilakukan pada rentang setelah Salat Maghrib sampai selesai gerhana sesuai dengan waktu di atas,” kata Kamaruddin.

Baca juga  9 Karyawan Positif Corona, Pabrik Rokok di Sumenep Tutup

Lebih lanjut, Kamaruddin meminta agar Salat Gerhana digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Virus Corona. Di antaranya dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebut gerhana tersebut akan berlangsung dengan durasi parsialitas selama 3 jam 8 menit 12 detik. Sementara, durasi totalitas cukup singkat, yakni selama 18 menit 28 detik.

Berikut panduan penyelenggaraan salat gerhana di tengah pandemi yang disusun Kemenag:

  1. Salat Gerhana Bulan di daerah yang tergolong Zona Merah dan Zona Oranye agar dilakukan di rumah masing-masing.
  2. Salat Gerhana Bulan dapat diadakan di masjid atau lapangan yang berada pada daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19, baik zona hijau maupun zona kuning, yang ditetapkan oleh pihak yang berwenang.
  3. Dalam hal Salat Gerhana Bulan dilaksanakan di masjid atau lapangan, harus memperhatikan standar protokol kesehatan secara ketat dan mengindahkan ketentuan, misalnya, tak menganjurkan lansia ikut salat berjemaah, pemakaian masker, jemaah dibatasi hanya 50 persen dari kapasitas.
Baca juga  Lanjutkan Sterilisasi Masjidil Haram, Bagian Atap dan Ruang Bawah Tanah Ditutup

“Khotbah Salat Gerhana dilakukan secara singkat dengan tetap memenuhi rukun dan syarat khutbah paling lama 10 menit,” urai Kamarudin. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *