by

DPR Dukung Vaksin Nusantara Melanjutkan Uji Klinis Tahap III

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mendukung agar vaksin Nusantara melanjutkan uji klinis tahap III usai disetop sementara sebagai kepentingan penelitian dan pelayanan.

Sebelumnya diketahui bahwa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) belum mengeluarkan Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) uji klinis fase II untuk vaksin Nusantara lantaran belum memenuhi syarat cara pembuatan obat yang baik (CPOB).

BPOM juga menemukan bahwa komponen yang digunakan dalam penelitian Vaksin Nusantara tidak sesuai dengan pharmaceutical grade.
Namun kini DPR mendukungnya.

“DPR RI pada posisi konsisten dalam mendorong dan mendukung penuh vaksin yang dibuat dan dikembangkan oleh anak bangsa,” kata Dasco dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/1/2021).

Baca juga  Dinas Lingkungan Hidup Surabaya Siapkan Call Center Pengaduan Masyarakat

SUMBANGSIH NYATA

Pengembangan vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto diketahui sempat menjadi polemik.

Kendati begitu, Dasco menyambut baik proses pengembangan vaksin Nusantara yang sudah menjalani uji klinis tahap I dan II serta diakui dengan media jurnal ilmiah internasional.

“Serta sebentar lagi akan masuk uji klinis tahap III, sebagai syarat disuntikkan kepada masyarakat,” ujar Dasco.

Ia berharap, pengembangan vaksin Nusantara ini berjalan dengan baik dan efektif menekan penyebaran virus corona.

“Saya pikir (vaksin Nusantara) ini adalah sumbangsih nyata dari anak bangsa kita untuk masyarakat dan dunia dalam melawan Covid-19,” pungkasnya. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed