Khofifah Sebut Tiga Pasien Baru, Positif Corona Varian B16172 Delta

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut ada
tiga pasien baru yang positif Covid-19 di Jawa Timur yan g dinyatakan terinfeksi corona varian B16172 Delta. Mutasi jenis ini merupakan strain asal India.

“Pagi tadi saya dapat informasi dari Pak Rektor Unair, dari 24 whole genome sequencing, per pagi tadi sudah keluar tiga. Dari tiga ini terkonfirmasi ada mutasi B16172 ini strain India,” kata Khofifah, di Surabaya, Senin (14/6/2021).

Ia mengatakan, dari tiga pasien yang terinfeksi varian B16172 itu, dua orang di antaranya adalah pasien yang dirawat di rumah sakit Surabaya. Sedangkan satu lainnya dirawat di Kabupaten Bojonegoro.

Pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan rumah sakit terkait agar para pasien ini mendapat penanganan dan perawatan secara efektif.

Baca juga  Menag Terbitkan SE agar Penyuluh dan Penghulu Dukung 4 Program Pemerintah

“Dua dalam posisi dirawat di Surabaya, satu dirawat di Bojonegoro. Sudah langsung dikomunikasikan di RS Bojonegoro agar mendapatkan perawatan secara efektif,” katanya.

PELACAKAN

Khofifah juga menginstruksikan jajarannya untuk segera melakukan pelacakan dan tracing, terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan pasien tersebut.

“Kemudian saya juga menugaskan koordinator tracing, Pak dr. Kohar untuk melakukan tracingterkonfirmasi kontak erat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Khofifah juga masih menunggu hasil whole genome sequencing lain yang tengah diteliti oleh Unair, untuk menentukan langkah penanganan dan perawatan jika ditemukan kasus serupa lainnya.

“Jadi kami masih menunggu genome sequencing berikutnya, mudah-mudahan semua bisa terkoordinasikan dan ter manage dengan baik,” pungkas dia. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed