by

Saat PPKM Darurat di Jawa Bali, 20 TKA China Masuk Indonesia

Saat di Jawa Bali diberlakukan PPKM darurat, 20 orang tenaga kerja asing (TKA) asal China masuk ke wilayah Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.
Pihak imigrasi lalu memastikan masuknya 20 TKA China itu tak masalah karena merupakan penerbangan domestik.
“Kedatangannya ke Sultan Hasanuddin yang tidak bersifat internasional itu tidak ada masalah,” kata Kepala Divisi Imigrasi Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) Dodi Karnida kepada wartawan Ahad (4/7).

Dikatakan, bahwa 20 TKA asal China tersebut awalnya masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta sebelum PPKM diterapkan. Para TKA China itu lantas menjalani karantina 14 hari.
“Dan kalau di Soekarno-Hatta sendiri mereka pertama turun langsung diterima karantina kesehatan, didata semua. Setelah itu, diperiksa imigrasi masalah visa dan sebagainya,” ungkap Dodi.

Baca juga  Selain Apresiasi Vaksin Drive Thru, Wali Kota Surabaya Beri Nama Kursi Cerdas Disabilitas UM Surabaya

Setelah proses karantina tuntas, lanjut Dodi, barulah para TKA China tersebut melakukan penerbangan domestik ke Makassar pada Sabtu (3/7). Dodi memastikan penerbangan domestik itu tak bermasalah meski pada hari yang sama di Jakarta sendiri sedang berlaku PPKM darurat.
“Nggak ada itu (larangan penerbangan domestik),” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulsel Andi Darmawan Bintang mengatakan 20 TKA asal China tersebut langsung bekerja di proyek strategis nasional (PSN) di Bantaeng, Sulsel. Mereka bekerja di smelter PT Huadi Nickel-Alloy Indonesia.
“Saya dengar mereka dipekerjakan di smelter di Bantaeng,” ujar Darmawan saat dihubungi terpisah. (01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed