by

Sidak Ketersediaan Oksigen di Rumah Sakit, Walikota Mojokerto Pastikan Stok Aman

Selasa pagi (6/7) Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari didampingi Kompol Iwan Sebastian, Wakapolresta Mojokerto melakukan sidak ketersediaan oksigen di beberapa rumah sakit di kota Mojokerto. Ketua Satgas Covid-19 Kota Mojokerto tersebut ingin memastikan ketersediaan oksigen untuk penanganan pasien Covid-19 tidak ada kendala.

Sidak pertama dilakukan di Rumah Sakit Reksa Waluyo dan dilanjutkan ke Rumah Sakit Gatoe. Kedua rumah sakit swasta itu juga menangani pasien covid-19.

Ning Ita mengakui ada sedikit kelangkaan ketersediaan oksigen di apotik dan beberapa toko alkes, akan tetapi untuk ketersediaan oksigen di rumah sakit yang menangani pasien covid-19 dipastikan aman.

Dari Enam Rumah sakit yang ada di Kota Mojokerto, Ning Ita menyebut keterisian tempat tidur untuk pasien covid-19, antara lain RSU Dr Wahidin Sudiro Husodo yang kapasitas tempat tidurnya sudah 133 pasien, di RS Gatoel terdapat 91 pasien, dan di RS Reksa Waluya ada 19 pasien dan akan menambah 14 tempat tidur lagi.
“Dari tiga sumah sakit itu semua (kebutuhan oksigen, red) disuplai dari PT Samator, dan alhamdulillah karena ketiga rumah sakit itu menggunakan tabung oksigen sentral, dimana ada sistem ketika angka keterisian itu dibawah 50 persen maka otomatis by sistem pihak PT Samator akan segera melakukan pengiriman untuk pengisian kembali, sehingga sejauh ini bisa dipastikan di rumah sakit penanganan covid-19 ubtuk ketersediaan oksigen masih mencukupi hingga beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Baca juga  Forkopimda Jatim Cek Vaksinasi Tuna wisma Dalam Peringatan HUT Lalu lintas Bhayangkara ke 66

Ning Ita menambahkan masyarakat juga bisa mendapatkan oksigen di beberapa apotik maupun toko alat kesehatan. Namun dirinya mengakui sejauh ini jumlahnya semakin menipis dan agak langka.
“Bahkan di beberapa apotik sudah tidak tersedia lagi, ” terangnya.

Sementara itu dr Wahyoe Harijanto, Direktur RS Gatoel Mojokerto mengatakan ketersediaan oksigen untuk kebutuhan pasien covid di tempatnya masih mencukupi dan tidak ada kendala dalam pengiriman. Dari total pasien covid-19 yang dirawat di rs gatoel, dr Wahyu menyebut sekitar 70 persen pasien covid-19 yang menggunakan oksigen.
“Untuk sementara ketersediaan oksigen masih cukup, pengiriman juga tidak ada kendala,” pungkasnya. Ym

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed