by

Mulai Besok, Vaksin Gotong Royong Sudah Bisa Dibeli di Kimia Farma

Dalam rangka memenuhi percepatan vaksinasi masyarakat maka PT Kimia Farma Tbk akan membuka klinik vaksinasi individu secara resmi pada Senin, 12 Juli 2021 mendatang. Dikutip dari instagram @kementerianbumn, Vaksin covid-19 sudah bisa dibeli di Kimia Farma, menyusul pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong (VGR) untuk individu. Pelaksanaan vaksinasi individu ini dilakukan oleh cucu usaha PT Kimia Farma Tbk, yaitu PT Kimia Farma Diagnostika (KFD).

Wakil Menteri BUMN, Pahala N. Mansyuri mengatakan bahwa VGR Individu dimaksudkan untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity). Tujuannya tentu saja agar pemulihan perekonomian nasional dapat berjalan lebih cepat.
“Tujuan utama dari pelaksanaan VGR ini adalah segera terbentuknya herd immunity secepat-cepatnya,” ujar Pahala N Mansyuri saat meninjau pelaksanaan VGR Individu di Klinik Kimia Farma Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (10/07).

Baca juga  Awasi dan Ingatkan Prokes, Wali Kota Surabaya Minta Petugas Jangan Asal Obrak Pedagang

Pahala menuturkan bahwa calon peserta vaksinasi nantinya akan mengikuti prosedur yang segera dipublikasikan dengan biaya sesuai yang ditetapkan Pemerintah. Pendaftaran kepesertaan VGR Individu di Kimia Farma dilakukan melalui tiga jalur/cara. Pertama, melalui contact/call centre Kimia Farma di nomor 1-500-255.
Pahala melanjutkan, kedua, melalui website www.kimiafarmaapotek.co.id, kemudian akan diarahkan melalui koneksi nomor WhatsApp. Dan ketiga, melalui aplikasi Kimia Farma Mobile di ponsel, yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store.
“Kimia Farma Mobile sendiri baru digunakan mulai Kamis (15/07) karena masih dalam proses penyempurnaan,” imbuhnya
Ditanya terkait berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan VGR Individu? Pahala mengatakan bahwa masyarakat harus membayar biaya vaksinasi sebesar Rp 879.140. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 19 Tahun 2021 tentang perubahan atas Permenkes No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.
Pahala menambahkan, harga vaksin per dosis sesuai yang ada dalam SK tersebut sebesar Rp 321.660. Dengan begitu untuk penyuntikan dua dosis maka biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 643.320. Sedangkan untuk tarif vaksinasinya sebesar Rp 117.910 untuk sekali suntik. Jadi, untuk dua kali penyuntikan maka dibutuhkan biaya sebesar Rp 235.820.
“Dengan perincian biaya tersebut maka total biaya yang dikeluarkan untuk dua kali vaksin adalah sebesar Rp 879.140,” pungkasnya.

Baca juga  Update Corona 21 September 2021: Kasus Batu 3.263, Kematian 171 Orang

Berikut lokasi Kimia Farma yang melayani pembelian vaksin covid-19 dan kapasitas per harinya:

  1. Kimia Farma Senen (Jakarta), kapasitas 200 orang per hari
  2. Kimia Farma Pulogadung (Jakarta), kapasitas 200 orang per hari
  3. Kimia Farma Blok M (Jakarta), kapasitas 100-200 orang per hari
  4. Kimia Farma Supratman (Bandung, Drive Thru), kapasitas 200 orang per hari
  5. Kimia Farma Citarum (Semarang), kapasitas 100 orang per hari
  6. Kimia Farma Sukoharjo, kapasitas 500 orang per hari
  7. Kimia Farma Sedati (Surabaya), kapasitas 200 orang per hari
  8. Kimia Farma Batubulan (Bali), kapasitas 100 orang per hari. Lin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed