by

1,4 Juta Dosis Vaksin Sinopharm Tiba di Indonesia

Vaksin Covid-19 kembali tiba di Indonesia. Totalnya ada 1.408.000 dosis dalam bentuk jadi yang diproduksi Sinopharm. Vaksin tahap ke-22 ini tiba dengan pesawat Garuda GA 891, siang tadi, dan akan diberangkatkan ke fasilitas penyimpanan Kimia Farma di Jawa Barat.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury menngaku, vaksin ini merupakan kedatangan ke-3 vaksin Sinopharm, di luar sumbangan dari Uni Emirat Arab.

“Tiga hari mendatang juga akan datang lagi sekitar 4 juta dosis vaksin Sinopharm yang akan digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong,” ujar Pahala kepada media, Selasa (13/7).

Vaksin Sinopharm ini merupakan vaksin dengan platform inactivated (berisi virus Corona yang dimatikan) dan sudah menerima Emergency Use Listing atau EUL dari WHO pada Mei 2021. Vaksin ini juga sudah memperoleh persetujuan di 56 negara dengan efikasi sebesar 79 persen.

Baca juga  Menparekraf Sandiaga Uno Resmikan Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong Sebagai 50 Desa Wisata Terbaik Nasional

VAKSINASI GOTONG ROYONG

Pahala mengatakan, Kimia Farma yang merupakan anak perusahaan Bio Farma telah memiliki kerja sama binding 7,5 juta dosis vaksin dan non-binding 7,5 juta dosis vaksin Sinopharm.

Menurutnya, Vaksinasi Gotong Royong merupakan dukungan vaksinasi yang bisa melengkapi program vaksinasi pemerintah.

Dengan begitu diharapkan bisa mempercepat tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok dan meringankan pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi tersebut.

Pahala mengucapkan terima kasih atas nama Kementerian BUMN kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan mendukung kedatangan vaksin gotong. Termasuk Kementerian Kesehatan dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang sudah bekerja sama dengan BUMN dalam hal ini Kimia Farma dan Bio Farma.

Baca juga  Ratusan Warga Serbu Gerai Vaksin Merdeka Serentak Polres Mojokerto

“Kita optimis dengan kedatangan vaksin Sinopharm ini akan melawan Covid-19. Semoga perjuangan kita melawan pandemi ini mendapat ridho, dan jangan lupa terus menjaga prokes dan menjalankan lima M,” tegasnya. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed