by

Gandeng MUI, ACT Distribusikan Seribu Sapi Qurban dan Pangan Gratis di Jawa-Bali

Jumat (16/7/2021), Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Distribusi Seribu Sapi Qurban dan Operasi Pangan Gratis yang ditujukan untuk masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk wilayah pulau Jawa dan Bali. Kegiatan yang dilaunching di Pondok Pesantren Riyadhul Jannah, Desa Pacet, Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto tersebut untuk mendukung kebutuhan pangan masyarakat di tengah pembatasan aktifitas yang ketat.


Dikatakan Diki Taufik, Regional Head ACT Jatim mengatakan kegiatan ini merupakan sikap lembaga ACT yang berkolaborasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat dalam rangka penanggulanan masyarakat terdampak pandemic di masa PPKM Darurat ini.
“Hari ini ACT juga melakukan sebuah upaya menggunakan diksi darurat, yakni Indonesia Darurat Solidaritas Selamatkan Bangsa Dari Pandemi, jadi ACT tidak hanya di isu-isu kemanusiaan global, tetapi kami bergerak sejak tahun lalu menangani isu-isu pandemi, karena dampaknya sangat multi Dimensi,” ujarnya.
Bersama MUI Pusat, ada dua hal yang dilakukan ACT, yakni distribusi seribu sapi Qurban dan paket pangan sebanyak seribu Ton. Sebelumnya kegiatan yang sama juga dilakukan di Jakarta untuk wilayah barat, sedangkan untuk wilayah timur dilaunching di Mojokerto.
“Insya Allah distribusi ini berlaku khususnya di Jawa-Bali, secara keseluruhan juga wilayah di NKRI diberlakukan agenda ini,” katanya.

Baca juga  Pemkot Surabaya Buka 8 Taman Kota dengan Prokes Ketat

Selain menyasar masyarakat umum yang terdampak pandemic di masa PPKM Darurat ini, pelaku UMKM dan pondok pesantren di Mojokerto juga disasar ACT.
Diki Taufik menambahkan, jumlah kantor ACT di Jawa Timur ada 12 cabang. Masing-masing cabang akan mendapatkan bantuan logistik sebanyak 100 ton yang dikemas tiap paket berisi beras 5 kg, air minum dan bahan pangan lainnya. Sedangkan untuk seribu sapi qurabn akan disebar merata di masing-masing cabang ACT.
“Masing-masing cabang dari total seribu sapi qurban, alokasi untuk jatim sekitar 154 ekor sapi, jadi masing-masing cabang akan mendapatkan 15 hingga 16 ekor sapi,” ujarnya.

Sementara itu KH Achmad Fachrur Rozi, Wakil Sekjen MUI Pusat mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan dari ACT ini. Menurutnya ACT ini lembaga kemanusiaan yang sangat aktif, terutama tentang kegiatan distribusi seribu sapi qurban dan pangan gratis ini memang sangat diperlukan masyarakat.
“kami sangat berterimakasih dengan kegiatan ii, ada pembagian beras, air dan hewan Qurban, kami berharap ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, sumbangsih ACT Insya Allah sangat diperlukan oleh masyarakat,” pungkasnya. Ym

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed