Angka Kematian Karena Corona Juni 7.913 Kasus, Juli Naik 30.168 Kasus

Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, angka kematian akibat covid -19 pada bulan Juli ini naik tajam dibanding dengan bulan Juni. Pada bulan Juni kematian akibat Corona hanya 7.913 kasus. Sementara pada bulan Juli terdapat total 30.168 kematian. Meskipun berbagai upaya telah disiapkan, namun masih terjadinya peningkatan kasus kematian saat ini harus menjadi evaluasi pemerintah.
“Namun, masih terjadinya peningkatan kematian ini tentunya perlu untuk terus dievaluasi,” kata Wiku saat konferensi pers, Kamis (29/7).
Wiku mengatakan, berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk menekan angka kematian ini yakni dengan menambah tempat isolasi terpusat dan rumah sakit lapangan. Satgas mencatat penambahan tempat isolasi terpusat dan rumah sakit lapangan ini hingga sebanyak 868 tempat tidur di Banten, 17.594 tempat tidur di DKI Jakarta, 4.310 tempat tidur di Jawa Barat, 6.089 tempat tidur di Jawa Tengah, 2.031 tempat tidur di DI Yogyakarta, 7.339 tempat tidur di Jawa Timur, dan 1.001 tempat tidur di Bali.
Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan ke rumah sakit berupa tenda serbaguna, toilet portable, fold bed, dan selimut.
“Penambahan pasokan oksigen berupa lebih dari 1.000 ton oksigen dari hibah dalam dan luar negeri, pengelolaan truk armada untuk menyalurkan oksigen, dan penyaluran 3.825 oksigen konsentrator,” tambah Wiku.
Pemerintah juga meningkatkan suplai obat-obatan di rumah sakit dan memberikan paket gratis obat untuk masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri. Untuk membantu penanganan pasien di rumah sakit, pemerintah juga berencana menambah tenaga kesehatan dari perawat yang belum mengambil uji kompetensi dan dokter yang telah selesai internship. (01)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed