Inilah Doa yang membuat Rasulullah Sehat

Bismillah….
Saudaraku, dalam kondisi wabah covid yang cukup parah seperti sekarang ini, seharusnya kita tidak perlu resah dan khawatir. Karena ada doa yang sudah diwariskan rasulullah kepada umatnya. Doa ini dibaca tiap pagi dan petang hari. Ini juga sesuai dengan perintah Allah agar kita selalu berdzikir dan berdoa di waktu pagi maupun petang hari.
Disebutkan dalam alquran:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْراً كَثِيراً. وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلاً
“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut Nama) Allah dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS Al-Ahza ayat 41-42).

DOA SEHAT
Rasulullah sangat menjaga kesehatan baik melalui pola makan maupun dengan doa dan zikir kepada Allah.
Dalam hidup beliau tercatat hanya dua kali sakit.
Sakit pertama Rasulullah yaitu setelah menerima wahyu pertama, ketika itu beliau mengalami demam hebat.
Kemudian, sakit sewaktu menjelang beliau wafat.
Demikian doa minta sehat yang diamalkan Rasulullah:
اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَدَنِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ سَمْعِيْ، اَللَّهُمَّ عَافِنِيْ فِيْ بَصَرِيْ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ
“Allahumma ‘afini fi badani. Allahumma ‘afini fi sam’i. Allahumma ‘afini fi bashari.
Allahumma inni a’udzu bika minal kufri wal faqri. Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qabri. La ilaha illa anta.”
Artinya:
“Ya Allah sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah sehatkanlah penglihatanku.
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kefakiran. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tiada Tuhan selain Engkau.”

Baca juga  Bismillah….Iran Mulai Serang Israel!

ENAM PERMINTAAN
Luar biasa doa di atas. Pertama kita diajarkan untuk berdoa minta agar badan kita beri Allah sehat. Karena pada badan yang sehat kita bisa maksimal bekerja Dan beribadah.
Permintaan kedua adalah minta agar diberi pendengaran yang sehat. Tidak hanya pendengaran yang tidak sakit tetapi juga pendengaran yang diselamatkan
dari perbuatan maksiat.
Ketiga, kita juga minta diberi kesehatan penglihatan kita. Tidak hanya sehat mata secara fisik tetapi juga minta agar terhindar dari perbuatan maksiat yang dilakukan mata.
Keempat, kita juga minta kepada Allah agar dijauhkan dari sifat kufur nikmat. Sifat ini yang sangat dibenci Allah dan membuat Allah tidak ridho kepada hambaNya. Karena itu kita minta dijauhkan dari sifat kufur.
Kelima, kita juga dianjurkan untuk minta agar terlindung dari kemiskinan. Karena sesungguhnya kemiskinan juga akan membuat seseorang menjadi kufur nikmat. Hidup miskin kadang juga membuat lupa dan malas beribadah karena disibukkan dengan kehidupan dunia.
Yang terakhir kita juga dianjurkan untuk berdoa minta perlindungan dari dasyatnya siksa kubur.
Demikian doa yang telah diwariskan Rasulullah kepada umatnya dan disunnahkan dibaca tiap hari sebanyak 3 kali di setiap pagi dan petang. Semoga bermanfaat.

Baca juga  17 Agustus Mendatang Paspor RI Ganti Desain

Surabaya, 29 Juli 2021
Nur Cahya Hadi, direktur majalahnurani.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed