Inovatif, Suroboyo Bus Kini Dilengkapi Alat Pembayaran E-Money Seperti di Tol

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, terus berinovasi dalam memberikan pelayanan, yang terbaik untuk warga Kota Surabaya. Terbaru, Dishub meluncurkan sistem pembayaran Suroboyo Bus, menggunakan kartu e-money, dengan cara tapping (menempelkan kartu) seperti yang dilakukan di tol.

Peluncuran sistem pembayaran baru, yang dilakukan di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) itu, dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari Vice President Kantor Fungsional Consumer Card Surabaya, Divisi Pengembangan Solusi Kerjasama Transaksi Perbankan Wirya Setiawan, Pemimpin Bidang Bisnis, dan Priority Bangking Cabang Utama Surabaya Runita P, dan juga Pimpinan Jasa Raharja Surabaya, I Wayan Pica.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat mengatakan, sesuai visi misi Kota Surabaya, yang merencanakan sustainable transport, khususnya di bidang transportasi, dan juga untuk merealisasikan misi, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, untuk menjadikan Kota Surabaya, sebagai smart city, atau smart mobility, maka kali ini Dishub menggandeng perbankan dari BCA, dan Bank Jatim, serta Jasa Raharja cabang Surabaya, melaunching alternatif pembayaran baru, untuk Suroboyo Bus.

Baca juga  PBNU: Pengaku Nabi Harus Diusut Tuntas

“Jadi, kalau sebelumnya, membayar dengan menggunakan sampah plastik, dan menggunakan Qris yang diluncurkan oleh Bapak Wali Kota Surabaya, maka kali ini kita kembangkan lagi, alternatif pembayarannya dengan sistem pembayaran tapping, menggunakan kartu Flazz, seperti yang biasa kita lakukan di tol-tol, sehingga cukup menempelkan kartu ke sebuah alat, atau mesin yang sudah kita siapkan,” kata Irvan saat meluncurkan sistem pembayaran baru itu, Senin (11/10).

Ia juga menegaskan bahwa, sistem pembayaran dengan kartu Flazz ini, sudah diberlakukan mulai hari ini. Tentunya, sistem pembayaran ini, semakin menambah alternatif pembayaran, dalam menggunakan jasa layanan Suroboyo Bus. Selama ini, sistem pembayarannya menggunakan sampah botol plastik, menggunakan pembayaran non tunai, melalui scan QRIS, dan kali ini ditambah dengan menggunakan sistem tapping, pakai kartu Flazz.

Baca juga  Gempa M 6.0 Guncang Tuban, Terasa Sampai Surabaya

“Jadi, kami menghindari transaksi tunai, karena program Bapak Wali Kota juga terus mengembangkan sistem cashless. Kami juga mendukung program Bank Indonesia (BI) tentang Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), dan juga pembayaran semacam ini, sangat cocok di tengah pandemi ini, karena tidak ada proses bersentuhan yang dapat memicu tersebarnya Covid-19,” tegasnya.

Saat itu, ia juga menyampaikan terimakasih banyak kepada pihak BCA, yang telah membantu, alat untuk membantu sistem pembayaran baru itu. Ia juga menyampaikan terimakasih, kepada Bank Jatim yang telah mendukung terealisasinya sistem pembayaran baru ini. Bahkan, ia juga menyampaikan terimakasih, kepada pihak Jasa Raharja yang telah memberikan jaminan perlindungan, kepada penumpang dan crew Suroboyo Bus.

“Alhamdulillah, mulai hari ini kita sudah bisa pakai kartu Flazz, untuk bayar Suroboyo Bus. Alhamdulillah, juga ketika naik angkutan Suroboyo Bus, itu dijamin oleh asuransi. Untuk tarifnya masih sama, yaitu Rp 5 ribu untuk umum dan Rp 2.500 untuk pelajar dan mahasiswa,” katanya.

Baca juga  Peduli Korban Gempa, SMCC UNESA Kirim Relawan ke Bawean

Sementara itu, Pimpinan Jasa Raharja Surabaya I, Wayan Pica menjelaskan bahwa, penumpang dan crew Suroboyo Bus mulai naik di titik keberangkatan, hingga titik tujuan diberi perlindungan. Ini menunjukkan bahwa, negara ikut hadir untuk melindungi penumpang angkutan umum, sesuai undang-undang yang sudah berlaku.

“Perlindungan itu adalah, apabila penumpang, maupun crew mengalami musibah kecelakaan, dan korban luka-luka, maka diberikan perlindungan biaya perawatan sampai Rp 20 juta. Lalu, kalau korban itu mengalami kecelakaan, hingga mengakibatkan meninggal dunia, maka ahli warisnya, berhak mendapatkan santunan, atau dana perlindungan senilai Rp 50 juta. Jadi, ayo naik angkutan umum,” pungkasnya. (yunus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed