Nostalgia di SMAN 21, Wali Kota Surabaya Beri Motivasi Siswa Calon Pemimpin

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, bernostalgia sembari memberikan semangat, dan motivasi kepada ratusan siswa-siswi SMA Negeri 21, Kota Surabaya. Menurut Wali Kota Eri, para generasi penerus bangsa, harus berani mengambil resiko, agar bisa menjadi calon pemimpin, di masa depan.

Sebelum memberikan motivasi, pria yang juga menjadi alumni SMA Negeri 21 Kota Surabaya ini, langsung menghampiri para guru, dan mencium tangan seluruh tenaga pendidik. Bagi dia, sopan santun, dan mengingat para guru yang telah mendidiknya adalah, salah satu bentuk syukur, kepada Gusti Allah SWT.

Saat memberikan motivasi, Wali Kota Eri juga memperkenalkan para alumni SMA Negeri 21, Kota Surabaya, yang saat ini ikut menjadi bagian dari pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Seperti Febrina Kusumawati, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan.

Kemudian, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan, Mohammad Iman Rachmadi, Dirut PD RPH Fajar Arifianto Isnugroho, Sekretaris Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Serta Pertanahan Aly Murtadlo, dan yang lainnya.

“Saya kembali lagi ke SMA 21, sekolah yang membesarkan saya, dan menjadikan saya sebagai Walikota. Ini menunjukan bahwa, kalian semua tidak boleh minder dan harus percaya diri,” kata Wali Kota Eri saat menjadi narasumber Campus Expo 2022, di halaman SMA Negeri 21 Kota Surabaya, Sabtu (15/1).

Baca juga  Indonesia Darurat Judi Online, Tahun 2023 Perputaran Uang Rp 327 Triliun

Kegiatan dengan tajuk ‘Karir Masa Depan dan Tantangan Menghadapi Kemajuan Teknologi dalam Bidang Pendidikan’, semakin membuat Wali Kota Eri bersemangat, untuk memotivasi para siswa-siswi SMA Negeri 21, Kota Surabaya. Bahkan, Wali Kota Eri memberikan enam pesan penting kepada mereka, karena ia berharap para siswa-siswi, bisa memiliki rasa empati dan saling bergotong-royong.

Pertama, Wali Kota Eri berpesan agar setiap siswa wajib menghormati orang tua, khususnya ibu, yang telah melahirkan anak-anaknya. Kedua, apabila nantinya sudah menikah, dan berkeluarga, maka tetap harus menghormati orang tua, dari pasangan masing-masing.

“Ketiga adalah orang tua kita disekolah, mereka adalah bapak-ibu guru, yang telah mendidik kita menjadi orang yang berhasil. Maka jangan pernah meninggalkan mereka,” tegas Wali Kota Eri.

Keempat adalah Wali Kota Eri meminta, agar para siswa-siswi di SMA Negeri 21, Kota Surabaya harus percaya diri dan berani mengambil resiko. Sebab, keyakinan dan perbuatan merupakan salah satu wujud doa, kepada Gusti Allah.

Baca juga  Dinkes Surabaya Bagikan Tips Hindari Penyakit Flu Singapura

“Dulu saya tertantang saat masuk ke sekolah, tapi saya tidak mau kalah dengan sekolah yang lain. Saya harus membuktikan, kalau saya bisa seperti yang lainnya,” ungkap dia.

Kelima, Wali Kota Eri mengingatkan para siswa agar bisa belajar bersyukur, dengan semua hal. Menurut dia, dengan berterima kasih kepada orang tua, dan guru-guru yang ada di sekolah, maka ridho dari Gusti Allah, akan turun kepada hambaNya.

“Senengno wong tuwo (buatlah orang tua bahagia), karena njenengan (anda), harus membahagiakan orang tua,” ujar dia.

Terakhir, Wali Kota Eri berpesan, untuk tidak melupakan anak-anak yatim piatu. Ia menjelaskan, bahwa para siswa SMA Negeri 21, harus belajar untuk menyisihkan sedikit uang sakunya, kepada anak-anak yatim piatu. Karena, doa-doa dari anak-anak yatim piatu, bisa membantu untuk meraih kesuksesan, di masa yang akan datang.

“Kalau kita beramal, pasti nanti akan ditambah Gusti Allah. Saya berharap, ketika kalian kuliah dan bekerja, tanamkan bahwa ilmu yang kita dapat adalah, untuk kepentingan umat, Insya Allah, njenengan (anda) bisa menjadi bagian dari pembangunan Kota Surabaya,” pesan dia.

Baca juga  Pemkot Surabaya Gencarkan Pengawasan Bersama RT-RW hingga Pemilik Kos

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu meyakini, bahwa kedepan para siswa-siswi bisa membuktikan bahwa, SMA Negeri 21 adalah, sekolah terbaik dan mampu mencetak pemimpin-pemimpin hebat, di masa depan.

“Selamat berjuang, lanjutkan perjuangan kita dan teruskan keinginan guru-guru kita, bahwa SMA Negeri 21, bisa mencetak pemimpin-pemimpin hebat yang memiliki, akhlakul karimah (akhlak yang baik dan terpuji),” pungkasnya.

Tak hanya itu saja, usai memberikan motivasi kepada para siswa-siswi SMA Negeri 21, Kota Surabaya, Wali Kota Eri juga mendapat karangan bunga, yang diberikan oleh Plt Kepala Sekolah SMAN 21, Surabaya Titik Hariani, sebagai bentuk kebanggan kepada Walikota Surabaya.

Selain itu, Wali Kota Eri juga turut menyaksikan demo penampilan Campus Expo 2022, dari para alumni SMA Negeri 21, Kota Surabaya yang sedang menimba ilmu, di perguruan tinggi di seluruh wilayah Indonesia. (yunus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed