IT Telkom Surabaya Serahkan 3 Alat Inovasi ke Kemensos

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya) menggelar kuliah tamu bersama Menteri Sosial, Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, M.T, pada Senin (22/5).

Istimewanya, pagi itu IT Telkom menyerahkan tiga alat inovasi kepada Kementerian Sosial. Kolaborasi ini menandai langkah signifikan menuju pembangunan berkelanjutan dan promosi solusi energi bersih di masyarakat kita.

Rektor ITTelkom Surabaya, Dr. Tri Arief Sardjono menjelaskan ITTelkom Surabaya sudah memasuki satu siklus menuju tahun kelima.

“Kita telah berkembang dalam membuat inovasi-inovasi, yang mana semua berawal dari bilik sterilisasi. Hari ini kita serahkan kompor listrik, charging station, dan motor listrik kepada Kemensos,” ungkapnya.

Baca juga  KBTK Al Falah Bagikan Ratusan Paket Sembako dan Uang Saku Lebaran ke Warga

Menurut Tri, inovasi ini menanggapi kondisi jalan yang menantang di Papua dan kebutuhan transportasi masyarakat setempat. Sehingga akhirnya dikembangkan sepeda motor listrik semi trail untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

“Keterbatasan BBM membuat motor listrik menjadi pilihan paling tepat dimana dibuat pula stasiun pengisian bahan bakar dengan memanfaatkan tenaga matahari,” sambungnya.

“Selain itu, alat inovasi ini memiliki potensi untuk merevolusi cara kita menggunakan energi. Kontribusi dari energi terbarukan secara signifikan untuk mengurangi emisi karbon dan mempromosikan masa depan yang lebih hijau,” jelas Tri Arief.

Acara penyerahan alat inovasi ini juga dihadiri EVP Telkom Regional 5, Bapak Djatmiko, dan VP Higher Education Yayasan Pendidikan Telkom, Bapak Heru Priyanto. Keduanya mengapresiasi karya civitas akademi ITTelkom Surabaya.

Baca juga  Siswa Asing Smamda Belajar Merawat Jenazah Sesuai Tuntunan Rasulullah

“Penghargaan yang tinggi kami sampaikan kepada civitas ITTelkom Surabaya atas karya yang luar biasa. Kami juga berharap agar inovasi yang diserahkan dapat bermanfaat dengan baik oleh masyarakat. Sebagaimana salah satu focus Telkom Group yakni invest in people, menjadi harapan ke teman-teman agar memberikan inovasi tidak hanya kepada Telkom namun juga bangsa ini,” jelas Heru Priyanto.

Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam materi kuliah tamu memberikan semangat serta motivasi kepada para mahasiswa yang hadir untuk berani memulai dan belajar dari kegagalan.

“Selain inovasi yang luar biasa ini, sebagai pembelajaran bahwa kita harus berani mencoba, karena kita tidak tahu kapan kita akan bangga. Kalau punya ide dan gagasan harus berani memulai meski dari hal kecil. ITTelkom Surabaya ini bisa menjadi tempat belajar dan merealisasikan mimpi-mimpi. Dari kegagalan dan masukan yang nantinya akan menuntun ke keberhasilan,” ungkap Risma bersemangat.

Baca juga  Meski Ada Resolusi DK PBB, Israel Laknatullah Masih Bombardir Gaza

Terlihat antusias mahasiswa menghiasi sepanjang acara berlangsung. Tercatat ada kurang lebih 300 peserta yang hadir dalam kuliah tamu.

Sebelumnya ITTelkom Surabaya juga menyerahkan inovasi mesin cetak braille ke Kementerian Sosial. Seperti diketahui bahwa ITTelkom Surabaya berinovasi secara nyata untuk terus menghasilkan karya dengan sebelas program studi yang ada. Seperti Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro. Teknik Industri, Teknik Logistik, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Informatika, Sains Data, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Bisnis Digital. Bg

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed