Istiqomah Tahajud, Mbah Harun Sehat Berhaji di Usia 119 Tahun

Senyum sumringah terpancar dari wajah Harun bin Senar. Keriput pipinya nampak jelas. Jalannya masih cekatan. Hatinya sedang bahagia. Karena sebentar lagi pria asal Kecamatan Proppo, Pamekasan, Madura tersebut bakal melihat langsung megahnya Masjidil Haram. “Alhamdulillah sehat,” ungkap Harun semangat ketika disapa.

Ya, benar. Harun tercatat sebagai jamaah haji tertua di Indonesia. Usianya 119 tahun. Meski sudah seabad lebih, tubuhnya segar bugar. Subhanallah!

Bahkan Gubernur Jatim Khofifah Indarparawansah takjub melihat kesehatan Harun ketika mengunjunginya di Embarkasi Surabaya. Khofifah tak menyangka jika Mbah Harun, sapaannya, sudah berusia seabad lebih. Fisik Mbah Harun seperti usia 60an tahun.

Petugas kesehatan PPIH menyebut jika hasil pemeriksaan kondisi Mbah Harun, tak ada gangguan. Saat berbincang dengan Mbah Harun, Khofifah menyebut jika resep Mbah Harun tetap sehat yakni istiqomah membaca Alquran dan tahajud.

Baca juga  Waspadai, Visa Umrah Mulai Dibatasi

“Jadi resepnya, setiap saat beliau ini membaca Alquran dan tanpa kacamata,” ujar Khofifah usai bincang dengan Mbah Harun, Kamis (25/5). Mbah Harun juga membenarkan jika dirinya punya banyak waktu luang karena sudah tidak bekerja.

Di saat luang itulah, Mbah Harun selalu membaca Alquran dan istiqomah sholat tahajud. Di dalam sholatnya, Mbah Harun memohon diberi umur panjang, sehat, lancar hingga bisa naik haji.

Saat ini tercatat ada 66.943 jemaah haji lansia yang berangkat tahun ini. Rinciannya, 555 jemaah berusia 95 tahun ke atas, 7.680 jemaah berusia 85-94 tahun, 12.912 jemaah berusia 75-84 tahun, dan 45.796 jamaah berusia 65-74 tahun. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed