Tumbuhkan Minat Literasi, Sekolah Inovatif Kunjungi Perpustakaan Umum Surabaya

Siswa-siswi Kelas I Ibnu Firnas Sekolah Inovatif SD Muhammadiyah 7 Surabaya melakukan pembelajaran ke Perpustakaan Umum Kota Surabaya dalam program Kelas Kolaborasi, Selasa (23/1).

Wali kelas I Zulis Purwanti SPd mengatakan kegiatan tersebut menyesuaikan dengan tema pembelajaran yakni melatih siswa agar mampu menjadi pendengar serta menunjukkan minat pada literasi, para siswa diajak mengunjungi dan langsung praktik di Perpustakaan Umum Kota Surabaya.

“Adapun tujuan kegiatan tersebut yakni mengenalkan kegiatan literasi yang menyenangkan sekaligus memperkenalkan perpustakaan kepada anak-anak agar gemar membaca buku dan tidak cepat bosan,” ungkap Zulis.

Kegiatan diawali dengan perkenalan Vegasari Yuniati terkait lingkungan perpustakaan Rungkut secara keseluruhan.

Vega juga mengajak anak-anak untuk book tour di sekeliling perpustakaan sekaligus menjelaskan terkait klasifikasi buku yang dimiliki perpustakaan tersebut.

Baca juga  Sambut Hari Anak Nasional, SD Muhammadiyah 24 Surabaya Gelar Big Day

Selepas sesi book tour, anak-anak kemudian diberikan ice breaking oleh kak Muhammad Izzaturachman. Dimana di sesi ini, kak Izza mengajak anak-anak untuk menari bersama dengan diiringi alunan suara musik.

Sesi terakhir yakni mendengarkan dongeng, yang dipimpin oleh kak Nobhita Rully Anggraeny. Dimana pada sesi ini, kak Nobhita membawakan cerita terkait bumi bergetar yang familiar dengan istilah gempa bumi.

Seusai serangkaian kegiatan di perpustakaan tadi, anak-anak kemudian diarahkan oleh ustadzah Zulis untuk mengerjakan LKPD yang sudah diberikan kepada masing-masing anak.

Princessa Arethalia, siswi kelas I menyampaikan kesannya mengikuti kegiatan tersebut, “Saya merasa senang karena bisa membaca buku di perpustakaan, selain itu saya juga bisa bermain bersama teman-teman di sela-sela kegiatan”.

Baca juga  Guru Besar Inklusi UNESA Bicara Kesehatan Gigi Bagi Penyandang Disabilitas di Dental Summer Course 2024

“Semoga untuk kegiatan selanjutnya saya bisa ikut serta dalam kegiatan yang tidak kalah menariknya dengan kegiatan kali ini,” sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Muhammad Jian Alfarezqi, Siswa kelas I. Dia bahagia karena bisa bermain di lingkungan perpustakaan, selain membaca buku kesukaan saya. “Semoga kedepannya saya bisa mengikuti kegiatan seperti ini lagi, belajar bersama teman-teman di luar kelas yang ceria dan menyenangkan,” tambahnya. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed