Petisi LPOI Said Aqil: Penyelenggara Negara Stop Berpihak!

Ketua Umum LPOI Said Aqil Siraj (Lembaga Persahabatan Ormas Islam) bersama para ulama mengeluarkan petisi bertajuk “Ulama untuk Demokrasi dan Keadilan Sosial” menjelang Pilpres 2024. Said Aqil mendesak para penyelenggara negara berhenti memihak kepada salah satu pasangan calon di Pilpres 2024.

Menurutnya ketidaknetralan penyelenggara negara berpotensi memicu ketidakpercayaan publik dan mendorong ketidakpatuhan sosial. “Potensi itu berpeluang menjadi kericuhan di tengah masyarakat,” ungkapnya dalam siaran pers Kamis (8/2).

Ditegaskan, LPOI mewujudkan penyelenggaraan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas rahasia, jujur, adil, damai dan menolak terhadap berbagai intervensi oknum penyelenggara negara dalam Pilpres 2024. “Menyerukan untuk menghentikan pemihakan oknum oknum penyelenggara negara terhadap salah satu pasangan calon, agar demokrasi dapat tegak dan pemilu bermartabat,” bunyi salah satu poin petisi.

Baca juga  PBNU Prediksi Awal Ramadan 12 Maret

Said Aqil juga menyerukan untuk menghentikan berbagai upaya penyalahgunaan kekuasaan untuk kepentingan pribadi dan golongan. Mereka pun meminta supaya konstitusi tetap ditegakkan. Menurutnya, Islam mengutuk keras sikap otoriter dan semena-mena. Baginya, memberi peringatan dan kritik merupakan sikap yang tidak dilarang dalam Islam.

“Sejauh tetap menggunakan tata cara yang santun dan konstitusional. Rakyat Tidak Boleh dibungkam dan pemerintah tidak boleh anti kritik, Karena pemerintah adalah pelayan umat “Al Imam Khodimul Ummah,” tegaanya. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed