Partisipasi Pemilih di Pilkada Kota Mojokerto Ditarget Mencapai 88 Persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto berharap angka partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Mojokerto 2024 mencapai angka 88 persen.

“Kalau bicara target partisipasi pemilih lebih dari pemilu 2024 kemarin 87,65 persen, di Pilkada ini diharapkan lebih paling tidak 88 persen,” ujar anggota Komisioner KPU Kota Mojokerto Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Yahya Sachrul Wahyu Iman Asyidiq dalam kegiatan Media Gathering di salah satu hotel di jalan Empunala Kota Mojokerto, Kamis (4/7/2024) siang.

Untuk mencapai target itu, KPU Kota Mojokerto akan gencar melakukan sosialisasi, salah satunya dengan publikasi melibatkan media di Mojokerto, baik media siber, cetak, televisi maupun radio.

Baca juga  Pemkab Mojokerto Gelontorkan Beasiswa Senilai Rp 1,05 Miliar

Selain itu untuk meningkatkan partisipasi di kalangan pemilih pemula, KPU Kota Mojokerto berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk gencar sosialisasi turun langsung ke masyarakat.

“Untuk pemilih pemula, dengan seringnya kita berkoordinasi antara PPK PPS dan Pantarlih dengan langsung turun ke masyarakat itu akan menambah wawasan masyarakat tentang tahapan pilkada,” jelasnya.

Masih kata Yahya, saat ini tahapan Pilkada Kota Mojokerto masih dalam tahap tugas Pantarlih yang melakukan pencocokan pemilih. Dari data itu nantinya akan diketahui jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“DPS itupun masih bisa berubah apabila ada yang baru masuk atau ada yang meninggal dunia. Terakhir DPS tanggal 24 Juli. Sampai hari ini ada 60 persen data yang masuk,” pungkasnya.

Baca juga  Mojokerto Timur Bersholawat, Bupati Ikfina: Ikhtiar Meraih Kebaikan

Sementara itu anggota KPU Kota Mojokerto Divisi Teknis Ulil Absor mengatakan, kegiatan Media Gathering ini bertujuan untuk menjalin sinergitas antara KPU dengan media.

“KPU berharap sinergitas dengan media sehingga tahapan Pilkada 2024 ini bisa berjalan sukses, demokratia dan lancar,” tegasnya.

Dalam kegiatan media Gathering ini, KPU Kota Mojokerto selain melibatkan para wartawan juga dihadiri perwakilan partai politik peserta Pilkada, Bakesbangpol Kota Mojokerto, pegiat demokrasi dan para mantan komisioner KPU Kota Mojokerto periode 2019-2024. (Ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed