Press "Enter" to skip to content

Jusuf Kalla : Pendemi Corona, Masjid bisa Berperan Makmurkan Masyarakat Kurang Mampu

Mantan Wakil Presiden sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) meminta masyarakat untuk saling menolong di tengah wabah virus Corona. Terlebih, saat ini kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat masyarakat yang memiliki penghasilan harian kesulitan memenuhi kebutuhan hariannya.

Dalam situasi ini, JK berharap masjid dapat menjadi sarana umat untuk saling membantu satu sama lain. Menurutnya, masjid dalam situasi ini harus memakmurkan masyarakat kurang mampu.

“Kita anjurkan minta agar jemaah sebagaimana selalu saya katakan, kita memakmurkan dan dimakmurkan masjid, bahwa bukan hanya kita memakmurkan masjid, tapi juga masjid harus memakmurkan masyarakat, memakmurkan dalam arti ialah membantu kehidupan yang sulit,” ujar JK dalam acara Peran Masjid dalam Wabah Corona di YouTube Channel Ustadz Abdul Somad Official, beberapa waktu lalu.

Baca juga  Pelonggaran Aktifitas, MUI Minta Pemerintah Fasilitasi Pelaksanaan Ibadah

“Tentu masjid sebagai tempat di mana orang mampu membantu orang yang tidak mampu,” sambungnya.

Menurutnya, saat ini ada masjid yang membuat dapur umum, menyiapkan sembako murah untuk masyarakat kurang mampu. Oleh karenanya, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 ini mengajak seluruh umat Islam menjadikan masjid sebagai tempat saling menolong satu sama lain.

“Kebersamaan yang patut dijalankan pada zaman-zaman situasi seperti ini zaman kesulitan, ada juga masjid yang membikin dapur umum, ada lagi masjid yang menyiapkan sembako-sembako murah. Banyak hal jadi banyak contoh-contoh,” katanya.

JK juga meminta kepada pemerintah untuk segera memberikan bantuan sosial kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat yang memiliki penghasilan harian dapat tercukupi di tengah pandemi Corona ini.

Baca juga  Sudah Murtad masih Menjadi Ustaz

“Bantuan sosial dari pemerintah atau masyarakat, jadi pemerintah harus memberikan kebutuhan pokok nya berasnya, dana bantuan tunainya itu harus segera keluar. Presiden Jokowi sudah menginstruksikan minggu ini harus segera keluar,” tandasnya. Ym

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *