Press "Enter" to skip to content

BNPB: Jangan Kaget, Pekan Depan Kenaikan Corona Mencapai 40 Ribu

Badan Nasional Penanggulangan Bencana
(BNPB) memprediksi pekan depan akan ada kenaikan pesat kasus positif corona. Kenaikannya mencapai 40 ribu kasus. Kenaikan kasus itu bisa diprediksi lantaran Pemerintah melakukan penambahan tes Covid-19.

“Jangan kaget bapak ibu bahwa minggu depan itu akan cenderung banyak naiknya. Secara teknis, memang harusnya itu, karena supaya kita bisa mempercepat selesainya Covid-19 ini,” kata Pelaksana tugas Deputi II BNPB Dody dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR RI secara daring pada Selasa (12/5/2020).

KAPASITAS LABORATORIUM

Dody mengatakan, Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 sedang meningkatkan kapasitas baik dari segi laboratorium maupun sumber daya manusia. Targetnya, kenaikan kapasitas pengecekan mulai akhir pekan ini.

Baca juga  Overload, Jatim Bikin Rumah Sakit Darurat Corona

“Harapan kita bisa mencapai 40 ribu, supaya itu bisa mewakili daerah merah yang kita angap mewakili daerah tersebut,” imbuhnya.

KURVA MELANDAI

Dody juga menyampaikan bahwa jika tes secara masif ini berhasil maka kurva puncak Covid-19 kemungkinan terjadi di awal Juni 2020. Menurutnya, setelah itu kurva Covid-19 bisa melandai ke bawah.

“Kalau puncak di sana (awal Juni), kita juga harus siap dengan kapasitas rumah sakit. Insya Allah nanti kalau semuanya testing ini selesai dan puncaknya bisa tercapai, dan setelah itu mudah-mudahan bisa landai ke bawah,” tegasnya.01/ Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *