Press "Enter" to skip to content

Surabaya Zona Hitam, FKM UI Sarankan Pemetaan Intensif

Kota Surabaya menjadi kota dengan jumlah kasus virus Corona tertinggi di Jawa Timur. Saking banyaknya warga terinfeksi corona, di peta sebaran warnanya terlihat hitam.

Ketua Departemen Epidemiologi FKM Universitas Indonesia, Tri Yunus Miko Wahyono, pun menyarankan pemkot segera melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang menjadi klaster penyebaran virus Corona di Surabaya. Pemetaan perlu dilakukan intensif di setiap klaster.

TIAP KLASTER

Tri mengaku, kalau dilihat secara nasional maka harus memetakan provinsi-provinsi yang kasusnya banyak.

“Jadi, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Selatan itu jadi prioritas Gugus Tugas. Kemudian dari provinsi yang banyak itu harus dipetakan per kabupaten/kotanya. Seperti Jawa Timur itu yang paling banyak di Surabaya, maka lakukan pemetaan intensif pada tiap klaster,” kata Tri Sabtu (6/6/2020).

Baca juga  Di Daerah ini, Warga yang Tak Pakai Masker Didenda Rp 250 Ribu

Setelah itu, lanjutnya, harus dilakukan penegakan intensif pada tiap klaster. Karena penularan COVID-19 ini dari orang ke orang atau klastering.

“Jadi, klaster-klaster ini harus dihilangkan. Di kabupaten-kabupaten yang banyak kasusnya dilihat lagi per RT/RW-nya seperti yang dilakukan di Jakarta dan Depok,” lanjutnya.

MENCAKUP TEMPAT UMUM

Sementara pemetaan wilayah rawan penularan Corona di Surabaya juga harus mencakup tempat-tempat umum. Hal tersebut menurutnya penting bagi pemerintah setempat untuk mengetahui pelacakan sebaran virus Corona di wilayahnya.

“Tempat-tempat umumnya juga harus intensif disurvei, pasar disurvei, stasiun disurvei, terminal disurvei. Ini penting jadi kita bisa tahu petanya (penyebaran virus Corona). Dengan begitu kita bisa yakinkan semua masyarakat kita tempat yang aman begitu,” tandasnya.

Baca juga  Heboh, Rocky Gerung Cs Bentuk “New KPK”, Apa Itu?

Data terakhir pada Sabtu (6/6/2020) sore, kasus positif COVID-19 di Jawa Timur terkonfirmasi sebanyak 5.835 kasus. Jawa Timur menempati posisi kedua kasus virus Corona tertinggi setelah DKI Jakarta. Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *