Mulai 31 Juli, Sektor Pariwisata di Bali Dibuka untuk Wisatawan Domestik

Untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) yang terpuruk akibat pandemi covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali akan membuka kembali sektor pariwisata untuk wisatawan domestik pada akhir Juli mendatang..

“Pada 31 Juli yang akan datang, dimulai dengan pembukaan sektor pariwisata khusus wisatawan nusantara,” kata Gubernur Bali Wayan Koster dalam diskusi virtual, Rabu (22/7).

TIGA TAHAPAN

Ia mengatakan pihaknya mempersiapkan tiga tahapan pembukaan sektor parekraf. Pertama, pembukaan aktivitas parekraf lokal pada 9 Juli lalu, serta masih berjalan hingga sekarang.

Kedua, pembukaan sektor pariwisata khusus wisatawan domestik pada 31 Juli nanti. Ketiga, pembukaan sektor pariwisata bagi wisatawan mancanegara (wisman) pada 11 September mendatang.

Baca juga  Bismillah….Iran Mulai Serang Israel!

“Untuk memulai aktivitas ini kami sudah mengeluarkan surat edaran gubernur tentang adaptasi kebiasaan baru berkaitan dengan pelaksanaan aktivitas ini supaya sehat, aman, dan nyaman bagi masyarakat lokal dan internasional yang akan berkunjung ke Bali,” jelasnya.

PROTOKOL KESEHATAN

Ia mengatakan pembukaan kembali sektor pariwisata tetap akan dibarengi dengan implementasi protokol kesehatan pandemi covid-19 dengan ketat.

Oleh karena itu, setiap pengelola sektor pariwisata baik lokasi wisata, hotel, hingga restoran harus mengantongi sertifikat yang menyatakan mereka sanggup menjalankan protokol kesehatan.

“Sektor pariwisata adalah bisnis kepercayaan, kalau terjadi sesuatu yang tidak aman dan nyaman itu akan merontokkan citra wisata itu sendiri, oleh karena itu kami persiapkan betul-betul,” ucapnya. Ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed