Wapres Ma’ruf Pastikan Sertifikasi Halal Tak Hambat Produksi Vaksin Corona

Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi memastikan sertifikasi halal vaksin virus corona (Covid-19) tak akan menghambat kecepatan produksi dan distribusi vaksin corona ke masyarakat.

Wapres Ma’ruf, kata dia, tak ingin proses sertifikasi halal vaksin justru memperlambat efektivitas penanganan dampak pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Wapres Ma’ruf Amin terus memastikan, agar hal itu tak terjadi,” kata Masduki dalam keterangan resminya, Senin (31/8/2020).

PROAKTIF

Wapres Ma’ruf disebut telah minta semua pemangku kepentingan sertifikasi halal seperti BPJPH, LPPOM dan Komisi Fatwa MUI proaktif menjemput bola melakukan sertifikasi halal.

Sikap proaktif itu, kata dia, untuk memastikan bahwa vaksin Covid-19 yang kini sedang diuji klinis Bio Farma, benar-benar memenuhi standar halal dengan proses yang cepat dan akurat.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

“Wapres menekankan, proses pemeriksaan pemenuhan standar halal vaksin harus berjalan seiring dengan tahapan uji klinis dan produksi, sehingga tidak mengganggu jadwal vaksinasi,” kata Masduki.

Masduki juga menyatakan Wapres telah melakukan langkah antisipatif ketika menggelar rapat dengan pihak-pihak yang memiliki kewenangan mengeluarkan sertifikasi halal, Kamis (27/8/2020) lalu. Hal itu bertujuan untuk menjawab kekhawatiran bahwa sertifikasi halal akan menghambat jadwal vaksinasi

“Pesan Wapres, jangan sampai, problem pandemi ini diperkeruh oleh polemik kehalalan vaksin,” tandas dia. Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed