by

Gus Mujib: Pemilik Usaha Kuliner Berperan Besar Majukan UMKM Kabupaten Pasuruan

Pasuruan, majalah nurani.com – Pebisnis usaha kuliner berperan besar untuk memajukan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kabupaten Pasuruan. Hal itu dapat dilakukan para pemilik usaha cafe atau rumah makan dengan membantu menjual aneka produk UMKM di tempat usaha masing-masing.

Menurut Wakil Bupati Mujib Imron, jika gerakan tersebut dilakukan secara bersama-sama, bukan tidak mungkin akan membangkitkan perekonomian masyarakat Kabupaten Pasuruan. Sehingga segera bangkit dari pandemi.

“Pebisnis harus punya jiwa visoner. Tidak hanya sekedar membuka usaha. Khususnya pebisnis kuliner sangat berpeluang memajukan produk UMKM Kabupaten Pasuruan. Maka otomatis akan sangat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar,” jelas Wakil Bupati.

Baca juga  Kunjungan Wisman Meningkat, Gubernur Khofifah Berharap Bupati dan Wali Kota Maksimalkan Infrastruktur Penunjang Pariwisata

Pada saat menghadiri peresmian pembukaan tempat bisnis kuliner baru di kawasan Kecamatan Prigen, Selasa (12/4/2022) sore, Pengasuh Pondok Pesantren Terpadu Al Yasini tersebut menitipkan pesannya kepada pemilik cafe. Bahwa kontribusi pebisnis kuliner dalam memajukan produk UMKM Kabupaten Pasuruan tidak hanya akan berdampak positif terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar cafe saja. Melainkan juga akan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

“Peningkatan penggunaan produk UMKM nantinya akan meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Seperti halnya yang telah digiatkan oleh Presiden RI bahwa produk UMKM harus jadi tuan rumah di negeri sendiri. Terutama di era serba digital yang dijadikan sebagai media penjualan melalui platform marketplace.

“Alhamdulillah saya bersyukur, launching pas di bulan Ramadhan pas karena diibaratkan bisa “Angon Jiwo”. Apalagi di sini menyediakan fasilitas berlatih untuk para barista secara gratis. Ini adalah suatu keberkahan. Mudah mudahan tempat ini cepat dikenal masyarakat terutama untuk belajar. Tempat usaha ini dari sisi kita umat beragama adalah bekerja mencari rejeki halal. Insyaallah barokah,” tuturnya dengan nada penuh optimisme.

Baca juga  Fakta Baru Temuan KNKT Soal Kecelakaan Bus di Tol Sumo yang Tewaskan 14 Orang

Wakil Bupati juga berharap, kehadiran beberapa tempat kuliner di Kecamatan Prigen akan menjadi destinasi wisata baru. Sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kabupaten Pasuruan.

Di akhir acara, Wakil Bupati berkesempatan memberikan santunan dari pemilik cafe kepada warga setempat. Hadir dalam kegiatan, Camat Prigen, Tri Krisni Astuti dan Camat Pandaan, Yudianto. (niz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed