Cara AHPC Wujudkan Kampus Happy & Healthy

Airlangga Health Promotion Center (AHPC) menggelar Youth Forum Healthy Life Style yang menghadirkan BEM dan BLM Universitas Airlangga (Unair) serta BEM Universitas seluruh Surabaya, pada Kamis (14/9) di Ruang Kahuripan Unair Surabaya. Ketua AHPC, Dr. Sri Widati.,S.Sos.,M.Si mengaku ada 150 BEM yang hadir. Menurutnya kegiatan ini digelar sebagai upaya agar mahasiswa di Unair dan semua kampus di Surabaya bisa hidup Happy&Healthy. “Ini merupakan upaya untuk berkontribusi pada perwujudkan SDG’S point 3 yaitu health and wellbeing (Kesehatan dan kesejahteraan),” ungkapnya saat menggelar konferensi pers.

Untuk mewujudkan itu, lanjut Widati, berbagai cara dilakukan. Diantaranya memperbaiki infrastruktur yang Happy&Healthy. Seluruh gedung secara fisik diperbaiki dan dibangun dengan mempertimbangkan unsur aman dan nyaman. Seperti tidak licin, tidak mudah runtuh, berpagar kuat, dll. Ruang terbuka seperti pedestrian dan taman taman dibangun sehingga mendukung civitas akademika utk menjadi Happy&Healthy. Kemudian memperbaiki system Happy&Healthy. Bukan hanya fisik gedung tetapi juga sistem dibangun dan diperbaiki. Seperti system Zero Tolerance termasuk aturan dan implementasinya. Di Unair ini ada Peraturan Rektor tentang Kawasan Tanpa Rokok, Green Campus, dan No Sexual Harrasment. Unair menerapkan Zero Tolerance of Gambling, Drugs, dan Road Safety Violence.

Baca juga  Diabetes Anak Naik 70 Persen, Inilah Penyebabnya

“Unair juga mengintervensi kurikulum Pendidikan dengan menerapkan system pembelajaran yang menyenangkan seperti melalui games dan juga sosialisasi gaya hidup Happy&Healthy ke para mahasiswa baru saat pertama masuk ke Unair,” papar Widati.

Anggota AHPC Ira Nurmala, S.KM., M.PH., Ph.D juga menambahkan bahwa pihaknya juga mensosialisasikan dan mengajarkan serta memberi ketrampilan hidup Happy&Healthy. Secara berkala (tiap semester) AHPC  bekerjasama dengan PLK (Pusat Layanan Kesehatan Unair) melakukan pemeriksaan fisik dan mental dan saat itu juga melakukan edukasi mengenai gaya hidup Happy&Healthy untuk masyarakat kampus (dosen dan tendik). Dalam acara ini dilakukan pemeriksaan fisik berupa pengukuran Tinggi Badan,  Berat Badan dan Tensi Darah serta pemeriksaan darah rutin (Gula Darah Acak, Kolesterol, dan Asam Urat).

Baca juga  BKKBN Gandeng Polda Jatim Tuntaskan Stunting

“Juga dibuka klinik konsultasi Psikologis. Setelah itu dilakukan edukasi mengenai cara baca BMI (Body Mass Indeks) melalui pengaturan menu gizi seimbang, aktifitas fisik berupa senam otak kiri kanan, edukasi Kesehatan mental, social dan ekonomi, serta Sosialisasi Peraturan Rektor Universitas Airlangga No. 13 Tahun 2023 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Universitas Airlangga,” ungkapnya.

Lebih dari itu, AHPC juga membentuk dan melatih SOBY (Sobat Happy&Healthy) yaitu peer educator (kelompok sebaya) dari mahasiswa oleh mahasiswa untuk mahasiswa. Di mana mahasiswa saling membantu, saling mendampingi dan menemani serta sebagai tempat cerita dan curhat mahasiswa lainnya. Agar mahasiswa memiliki kehidupan yang Happy&Healthy. “AHPC melakukan TOT ke Soby tentang gaya hidup Happy&Healthy dengan cara aktifitas fisik, makan gizi seimbang, kesehatan mental, dan bagaimana mendampingi teman lainnya. ToT ini menghadirkan naras umber dari pengurus AHPC, psikolog dan psikiatri yang bekerjasama dengan berbagai fakultas di Unair dan Klinik serta RS Dr. Soetomo,” sambung dokter Kurnia Dwi Artanti.

Baca juga  Banyak Anak Anak Cuci Darah, Apa Penyebabnya?

Unair pun memfasilitasi persamaan layanan dan penyediaan sarana untuk Difabel, seperti tyempat parkir khusus untuk menurunkan dan menaikkan difabel ke dalam mobil, toilet untuk difabel, serta railing di setiap Gedung agar difabel bisa masuk ke Gedung fakultas/unit. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed