Press "Enter" to skip to content

Catat, Pedagang yang Jual Gula Diatas Harga Rp 12.500/Kg Akan Ditindak

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan akan menindak tegas pedagang yang masih jual harga gula di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500 per kilogram (kg). Saat ini beberapa pedagang masih menjual haga gula di atas HET

“Pedagang yang masih menjual gula di atas HET tersebut akan ditindak tegas Satgas Pangan,” kata Mendag Agus dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Ahad (17/5/2020).
Setelah ini, para pedagang diminta tegas untuk tidak menjual gula di atas HET Rp12.500 per kg. Mendag Agus juga mempertegas, koordinasi Kementerian Perdagangan dan Satgas Pangan dalam mengawasi distribusi gula ke seluruh provinsi di Indonesia akan terus diperkuat. Tak hanya itu, Satgas Pangan juga telah diberi kewenangan penuh Presiden RI bersama Kepolisian RI untuk melakukan tindakan tegas kepada pedagang dan pelaku usaha yang masih berani memanfaatkan situasi pandemi COVID-19 ini sebagai jalan pintas untuk mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa peduli kesusahan rakyat.

Baca juga  Doa Khofifah untuk Perawat Hamil yang Meninggal karena Tertular Corona

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto juga menjamin harga gula pasir akan kembali normal sebelum Lebaran tiba. Harga gula yang sempat naik hingga Rp20.000 per kg kini berangsur turun dan stabil sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500 per kg.

“Saya menjamin sebelum Lebaran nanti harganya akan stabil di tingkat Rp12.500 per kg. Di ritel modern di seluruh Indonesia, harga gula sudah sangat stabil sesuai HET,” kata Mendag dilansir dari laman Kemendag.

Sementara itu, Kepala Satgas Pangan Brigjen Tahi Monang Silitonga menyatakan tindakan represif atas penegakan hukum akan dilakukan jika para pedagang dan pelaku usaha masih ada yang tidak mematuhi aturan sehingga tindakan ini jelas tidak bisa ditoleransi lagi.

Baca juga  Biaya Haji 2018 Naik

“Setelah dilakukan tindakan persuasif terlebuh dahulu kepada masyarakat maka selanjutnya akan ditindak dengan penegakan hukum,” ujarnya. Ym

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *