Press "Enter" to skip to content

Dalam empat hari pasien Corona Baru RI Naik Ribuan, Ada Apa?

Dalam beberapa hari terakhir pasien Corona baru di RI naikse Ara signifikan. Yang tadinya hanya naik400-600 pasien perhari, kemudian menjadi 900-1.200 perhari. Apa yang sebenarnya terjadi?
Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 menjelaskan kenaikan signifikan kasus positif virus corona baru dalam beberapa hari terakhir karena peningkatan kapasitas uji spesimen dari hasil pelacakan kontak dekat pasien.


Gugus Tugas COVID-19 berpendapat kenaikan pesat kasus positif COVID-19 dalam beberapa hari terakhir, tidak bisa langsung dikaitkan dengan potensi terjadinya gelombang kedua COVID-19.
“Perhitungan yang kami observasi hingga hari ini, kami percayai sebagai hasil dari peningkatan kapasitas Indonesia untuk melakukan tes.

Baca juga  Luar Biasa, Tingkat Kematian Corona di Arab Saudi Terendah di Antara Negara G-20

Pemerintah daerah dan fasilitas kesehatan utama meningkatkan pelacakan, dan juga disebabkan penemuan kasus aktif,” kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat telekonferensi pers reguler berbahasa Inggris di¬†Jakarta belum lama.


“Oleh karena itu, kita tidak bisa hanya sekadar mengaitkan pertambahan dengan gelombang kedua penularan virus,” jelasnya.


Dikatakan, pemerintah telah berhasil mencapai target pertama peningkatan kapasitas uji spesimen sebanyak 10 ribu sampel per hari. Bahkan, Indonesia pernah mengetes 14 ribu sampel spesimen per hari untuk diagnosa COVID-19. Kini pemerintah sedang berupaya untuk meningkatkan kapasitas uji spesimen menjadi 20 ribu per hari.


“Saat ini lebih banyak laboratorium dan universitas yang mampu melakukan tes,” ujar dia. (01)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *