Masjid Istiqlal Tahun Ini Tak Gelar Shalat Idul Adha

Tahun ini masjid Istiqlal Jakarta tidak menggelar shalat idul Adha. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat melakukan konperensi pers melalui aplikasi Zoom, Kamis (9/7).

Kata dia, hal ini disepakati setelah pemerintah melakukan rapat dengan sejumlah menteri dan lembaga termasuk dengan Dewan Masjid Istiqlal terkait penyelenggaraan Idul adha.

“Dan akhirnya, pertama tentang penggunaan Masjid Istiqlal pada intinya Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan salat Iduladha,” kata Muhadjir).

MASIH RENOVASI

Terkait hal ini, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar menjelaskan alasan tempatnya belum bisa digunakan umat untuk menggelar salat Iduladha. Dia mengatakan masjid itu memang belum memungkinkan untuk menggelar kegiatan salat berjamaah untuk perayaan Iduladha, sebab proses renovasi belum selesai dilakukan.

Baca juga  17 Agustus Mendatang Paspor RI Ganti Desain

“Di Istiqlal belum memungkinkan, obyektifnya kita renovasi memang hampir selesai yakni 90 persen. ada yang belum selesai (misalnya) ada pintu masuknya,” kata Nazaruddin yang juga mengikuti kegiatan konferensi pers itu.

WAKTU MEPET

Lagi pula, kata dia, masih ada beberapa hal yang memang perlu dibereskan padahal perayaan Iduladha akan dirayakan setidaknya tiga pekan lagi, akhir bulan ini. Atas dasar itu, sambungnya, Masjid Istiqlal belum siap menerima jemaah dalam jumlah besar karena waktu yang cukup mepet.

“Karena waktu mepet sementara renovasi belom selesai masih banyak hal-hal yang belum kita sempurnakan, tadi barusan diputuskan Istiqlal belom bisa dipakai Iduladha. Menolak bahaya lebih diutamakan dari mengejar manfaat,” kata Nasarudin. ym

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed