KH Hasyim Wahid Tutup Usia

Inna lillahi,

Kabar duka tengah menyelimuti warga Nahdliyin. Pasalnya, tokoh NU, KH Hasyim Wahid atau akrab disapa Gus Im meninggal dunia pagi tadi, Sabtu (1/8/2020). 

Gus Im adalah putra bungsu dari KH Hasyim Wahid, atau adik dari Presiden ke-4 RI KH Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Kabar duka itu disampaikan oleh salah Irfan Asy’ari Sudirman Wahid (Ipang Wahid) melalui akun Twitter-nya. Dia mengabarkan, Gus Im meninggal pagi ini.

“Telah berpulang KH. Hasyim Wahid bin KH. Wahid Hasyim, (Gus Im) pada hari Sabtu pukul 04.18 WIB,” tulis Ipang dalam akun twitternya, Sabtu (1/8/2020).

Jenazah telah dimakamkan di Jombang, Jawa Timur.

Baca juga  PBNU: Serangan Iran ke Israel Bentuk Kemarahan Dunia

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu. Jenazah rencana akan disemayamkan di Ciganjur & dimakamkan di Denanyar, Jombang,” tegasnya.

“Gus Im berwasiat minta dimakamkan di makam Mbah Bisri di Denanyar. Seperti kita ketahui, keluarga besar KH Wahid Hasyim yang sudah wafat dimakamkan di Tebuireng,” kata anggota keluarga besar Ponpes Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Mu’lina Shohib.

Ia menjelaskan, dalam wasiatnya, Gus Imminta dimakamkan bersebelahan dengan sepupunya, KH Abdul Wahid Aziz Bisri. Karena semasa hidupnya, Gus Im mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan Kiai Wahid Azis. Semasa hidupnya, mereka sama-sama tinggal di Jakarta.

“Beliau minta dimakamkan di sebelahnya Gus Wahid Azis. Beliau satu kesatuan dengan Gus Wahid. Biasanya istigasah bersama. Punya hubungan emosional sangat dekat,” terang Mu’lina.
Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed