by

SMAMDA Surabaya Apresiasi Peserta Wisuda Tahfidzul Qur’an Se-Surabaya

Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SMP/Mts Muhammadiyah menggelar Wisuda Tahfidzul Qur’an dan Festival Seni SMP / Mts Muhammadiyah Se Kota Surabaya, pada Selasa (30/3/2021).

Bertempat di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, kegiatan penuh khidmat ini diinisasi oleh K3S SMP/Mts Muhammadiyah Se Kota Surabaya.

Menariknya, kegiatan seperti ini sebelumnya dilaksanakan di sekolah masing-masing. Namun pada tahun ini, seluruh sekolah SMP / MTs Muhammadiyah bersepakat untuk melaksanakan kegiatan munaqosah dan wisuda secara bersama-sama secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan di SmamdaSurabaya. Kegiatan ini juga bisa disaksikan melalui streaming youtube.

Ketua K3S Imam Sapari

PELOPOR PENGHAPAL QURAN

Imam Sapari selaku Ketua K3S mengaku,
kegiatan ini merupakan even kali pertama yang diselenggerakaan dan berhasil memunaqosah peserta didik sebanyak 8 Juz. “Diikuti 240 peserta, 17 peserta offline dan sisanya 223 peserta didik mengikuti secara virtual atau online,” ujarnya disela kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini untuk menjalin Silahturahim antar sekolah SMP/Mts Muhammadiyah Se Kota Surabaya, menyemarakkan syiar Islam.

“Memberikan stimulan atau motivasi bagi peserta didik lain supaya lebih semangat lagi menghafal. Juga
mempromosikan keunggulan SMP / MTs Muhammadiyah dengan menunjukkan konsistensi terhadap peserta didik yang memiliki kemampuan yang istimewa yaitu dapat menghafal Al-Qur’an,” lanjutnya.

Imam berharap semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini bisa menjadi momentum yang baik bagi peserta didik, segenap civitas sekolah Muhammadiyah untuk terus menjadi sekolah pelopor Tahfidzul Qur’an di Kota Surabaya.

-“Mereka ini benar-benar hafal Qur’an. Dan munaqisnya ini juga diambilkan dari LPTPA Muhammadiyah,” sambungnya.

Imam menjelaskan bahwa kesepakatan K3S menggelar wisuda di SmamdaSurabaya bahwa Smamda merupakan sekolah dengan teknologi internet terbaik. Kemudian menjadi contoh bagi sekolah yang lain.

“Jaringan di Smamda memang munpuni,” tegasnya.

KELAS TAHFIDZUL

Astajab, S Pd, M.M kepala SMA Muhammadiyah 2 Surabaya menyambut positif ketika diminta menjadi tuan rumah kegiatan ini. “Smamda akan mengapresiasi potongan biaya pendidikan sampai dengan 100% bagi para siswa yang memiliki hafalan Al Qur’an,” terang Astajab.

Lebih lanjut Astajab menjelaskan Smamda menyiapkan Ustadz dan Ustadzah mendampingi secara rutin para siswa untuk menghafal Al qur-an.

Selain itu Smamda memiliki program boarding yang salah satu programnya adalah tahfidzul qur-an. Smamda juga membuka kelas tahfidz.

Kegiatan ini mendapat dukungan banyak pihak. Selain smamda ada SMK Muhammadiyah 1 yang membantu dalam hal multi media dan juga beberapa SMA/SMK Muhammadiyah se Kota Surabaya yang membantu dalam hal supporting beasiswa dan perlengkapan belajar.

“Kita ingin menunjukkan bahwa sekolah-sekolah Muhammadiyah memiliki program Tahfiz Qur’an. Dan memotivasi siswa,” tandasnya. Bagus

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed