by

Heboh Video Menag Ucapkan Selamat Hari Raya kepada Agama Baha’i

Media sosial dihebohkan dengan video Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas mengucapkan selamat hari raya Naw-Ruz 178 EB untuk masyarakat atau umat beragama Baha’i.
Unggahan video ucapan selamat hari raya Menag Yaqut Cholil Quomas kepada umat beragama Baha’i itu sudah di retweet dan like ratusan orang.
Lantas apa itu agama Baha’i yang mendapat ucapan hari raya dari Menag Yaqut Cholil Quomas? Apakah merupakan bagian dari ajaran Islam? Apakah ini sudah diakui agama resmi di Indonesia?
Berikut isi video ucaapn selamat Menag kepada penganut agama Baha’i.
“Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua. Kepada saudarakau masyarakat Baha’i di mana pun berada, saya mengucapkan selamat merayakan hari raya Naw-Ruz 178 EB. Suatu hari pembaharuan yang menandakan musim semi spiritual dan jasmani, setelah umat Baha’i menjadikan ibadah puasa selama 19 hari,” kata Yaqut mengawali pernyataannya.
Yaqut juga menyampaikan pesan persatuan seluruh elemen bangsa. Selain itu, dia menekankan mengenai pentingnya moderasi beragama.
Agama ini pertama kali muncul dan berkembang di Iran pada 1844.
Agama ini bermula dari ajaran perdamaian Sayyid ‘Ali Muhammad atau yang dianggap sang Bab. Agama ini sempat dianggap sebagai sempalan Islam-Syiah.
Sebelum revolusi Iran, agama ini pun sempat diakui walaupun selanjutnya tidak diakui.
Agama ini kemudian terus menyebar ke berbagai negara, dari India hingga Singapura. Salah satu penyebarnya adalah Jamal Effendi.
Indonesia pada abad ke-18 ketika rombongan Jamal berkunjung ke Surabaya dan singgah ke Bali. (01)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed