by

Awal Nopember Jamaah Indonesia sudah Bisa Umrah

DR H NUR ARIFIN, M.Pd Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI mengatakan bahwa pembahasan teknis aturan umrah bagi jamaah Indonesia kemungkinan akhir Oktober sudah bisa dirampungkan. Dengan demikian, awal bulan depan diharapkan jamaah Indonesia sudah bisa umrah ke tanah suci.


“Soal teknis ini kan banyak. Misalnya soal vaksin yang disetujui Arab adalah AstraZeneca, Johnson & Johnson, Pfizer dan Moderna. Sementara jamaah indonesia kebanyakan memakai Sinovac. Ini sedangkan kita bicarakan agar tidak ada Booster. Juga dengan Telkom untuk integrasi pedulilindungi dengan aplikasi dari Arab Saudi tawakkalna. Ini semua perlu waktu,” papar Nur Arifin saat berbincang dengan sebuah stasiun televisi Selasa (12/10).

Baca juga  Update Corona 21 Oktober 2021:Kasus Baru 633, Kmetian 43 Orang


Dikatakan, meski demikian pihaknya sudah memiliki target dan Insya Allah akhir bulan Oktober ini semua sudah selesai.
” Kita berharap akhir bulan ini, aturan teknis dan biaya referensi umrah di masa pandemi juga sudah ditetapkan semua,”tandasnya.


Menurut rencana, keberangkatan jamaah umrah tahap pertama akan melalui one gate system atau satu pintu yaitu di Jakarta.
” Ini bertujuan agar kita bisa menjamin bahwa keberangkatan tahap pertama betul betul aman dan tidak ada yang terinveksi Corona seperti dulu lagi,”imbuhnya. (nch)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed