Festrip BI Jatim, Dorong Generasi Muda Semangat Baca

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim) menggelar Festival Literasi Perpustakaan (Festrip) 2023, pada Sabtu (25/11) di Perpustakaan BI Jatim, Surabaya.

Festrip pagi itu mengusung tema “Memperkuat Literasi Tingkatkan Kualitas Generasi”. Festrip juga buka mulai Senin-Sabtu.

“Festrip ini untuk menggaungkan kembali semangat membaca pada generasi muda di Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya,” ujar Kepala KPw BI Jatim, Doddy Zulverdi.

BI memanfaatkan perpusatakan ini yang sebelumnya tutup karena pandemi Covid19. “Kami hidupkan lagi. Kami rapikan kualitas dan jumlah koleksi bukunya. Jumlahnya terbatas. Karena ada  fasilitas perpustakaan online yang telah kami sediakan,” urai Doddy.

Baca juga  Hingga Februari 2024 Beras Penyumbang Tertinggi Inflasi Jatim

Doddy melanjutkan, pihaknya terus mendorong anak muda untuk membaca secara fisik maupun online nanti. BI Jatim akan terus menggaet minat baca anak muda, dengan mengoptimalkan adanya bedah buku, talkshow, dan lomba-lomba.

“Target perguruan tinggi, paling muda di SMP dan SMA. Karena fasilitas lengkap ada untuk perguruan tinggi, akademisi berbasis pengetahuan tinggi untuk anak-anak, ada semua disini mengcover kebutuhan semua umur dalam minat membaca,” Doddy.

Dia mengamati, zaman sekarang anak muda lebih suka menonton daripada membaca. Menurut Doddy sensasi membaca itu lebih membangkitkan dalam menggali pengetahuan dan keilmuan.

“Oleh karena itu, kami juga tidak menghambat kemajuan teknologi, namun kami terus berupaya “memaksa” anak muda untuk rajin membaca, melalui lomba-lomba, konten medsos BI Jatim yang kita selipkan untuk mendorong hal-hal anak muda rajin membaca,” ajaknya  (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed