5 Jangan! Ternyata Begini Tips Merawat Uang

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur (KPw BI Jatim) memberi tips dan trik ke kita dalam menjaga dan merawat rupiah.  Jika sebelumnya BI Jatim menyosialisasikan cara identifikasi uang palsu dan uang asli dengan 3D, kini bagaimana menjaga rupiah agar tidak cepat rusak.

“5 Jangan. Ini tipsnya,” tegas Deputi KPw BI Jatim Bandoe Widiarto saat melepas tim Kas Keliling Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023, pada Selasa (28/11) di Pelabuhan Angkatan Laut Koarmada II Surabaya.

Pertama uang kertas jangan disteples. Karena kalau disteples, uang kertas akan bolong sehingga rawan rusak.  Kemudian jangan dilipat lipat. Sebab jika dilipat lipat secara terus menerus, uang kertas ngecap garis lipatan yang mudah sobek.
“Kemudian uang jangan dicoret-coret. Itu nggak boleh,” sambung Bandoe.

Selanjutnya usahakan uang kertas jangan sampai basah. Karena kalau sudah basah, maka bisa lecek dan sobek.

“5 Jangan inilah yang kita edukasi terus menerus. Agar tingkat kerusakan uang tidak cepat. Karena kita mengidentifikasi hasil survey, perilaku masyarakat yang tidak disiplin terhadap uang. Misalnya uang dicoret, kemudian disteples, kemudian dilipat. Maka mempercepat kerusakan uang. Padahal nyetak uang itu kan besar biasanya,” terangnya.

Seperti diketahui bahwa agenda sosialisasi merawat uang ini termasuk dalam rangkaian Kas Keliling ERB 2023. BI Jatim kerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Koarmada II. Total Rp 6,2 miliar yang dibawa dengan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Surabaya-591. Ada 3 pulau yang dituju. Pulau Bawean, Pulau Kangean dan Pulau Sapeken. Kas Keliling ERB ini berlangsung mulai 28 November – 2 Desember 2023. (Ra/Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed