Debat Cawapres, Gibran Sindir Cak Imin Pakai Botol Plastik

Debat Cawapres kedua yang digelar KPU di JCC, Senayan, Jakarta, Ahad (21/1/2024) malam cukup seru. Terlebih ada saling sindir antara cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka dengan Cawapres Nomor urut 01 Muhaimin Iskandar.
Bermula Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, bertanya kepada Gibran soal bioregional. Menurut Cak Imin, bioregional diperlukan agar pembangunan dengan tepat sasaran.
Namun sebelum menjawab pertanyaan Cak Imin, Gibran menyindir botol plastik yang dibawa oleh Cak Imin.
“Gus Muhaimin ini lucu ya. Menanyakan lingkungan hidup tapi itu kok pakai botol-botol platik itu. Padahal saya, Pak Ganjar, Prof Mahfud pakai botol kaca. Itu bagaimana itu komitmennya, botol plastik semua itu,” kata Gibran.
Gibran lantas menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran berkomitmen menjalankan pembangunan yang tidak lagi Jawasentris, melainkan Indonesiasentris.

Baca juga  5.312 Aset Pemkot Surabaya Sudah Bersertifikat

“Sekarang Gus Imin menolak IKN, tidak apa-apa. Akan kita lanjutkan dan akan kita perkuat IKN itu. Sekali lagi yang namanya pembangunan yang masif harus memperhatikan aspek lingkungan sosial dan keberlanjutannya. Kita pastikan mencari titik tengah, titik keseimbangan membangun hilirisasi industri,” ujar Gibran.
Cak Imin kemudian menyindir pemaparan Gibran yang menjawab pertanyaannya. Ia menjelaskan, di UU dinyatakan potensi bioregional bukan hanya politik dan administrasi, melainkan juga ekosistem lingkungan sekaligus komunitas masyarakat yang tumbuh menjadi pertimbangan.
“Papua misalnya. Jangan salah bangun Papua. Papua harus dibangun berbasis pemerataan keadilan yang sempurna,” kata Cak Imin. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed