Bajaj Pemudik Mogok, Polisi Mojokerto Berikan Bantuan Bengkel Gratis

Aksi kemanusiaan terlihat saat anggota polres Mojokertro mendorong sebuah kendaraan bajaj yang mogok di jalan by Pass Trowulan-Jombang, Jumat (12/4/2024) sore.

Bajaj tersebut milik warga Jakarta yang mudik ke Banyuwangi. Ada 5 orang yang menumpang di Bajaj tersebut, termasuk sang sopir.

Namun perjalanan mudik itu terhambat karena bajaj tersebut rusak parah. Sedangkan sang pemilik hanya bawa uang pas-pasan. Ditambah lagi banyak bengkel yang tutup sehingga sang pemilik kesulitan mencari spare part bajaj yang dibutuhkan.

Adalah Royadi (40), warga Jalan Percetakan Kramat 2, Jakarta Pusat. Ia mudik ke Banyuwangi mengajak istri dan 3 anaknya. Saat kerusakan bajaj terasa begitu parah, Royadi hanya pasrah menunggu pertolongan.

“Rusak patah semua, hancur. Keuangan sudah nipis, takut gak cukup. Gak bisa jalan dari kemarin (Kamis),” ujar Royadi (40), Jumat (12/4/2024) sore.

Baca juga  Hari Otoda, 117 Balita Stunting di Kota Mojokerto Terima Bantuan Telur dan Susu dari Pemkot

Bajaj pemudik mogok dan meminta pertolongan itu lantas viral karena dsalah satu anak Royadi memposting di media sosial facebook di akun Bundaa David. Postingan itu meminta bantuan kepada siapa saja untuk memperbaiki bajaj yang mogok tersebut.

Menyikapi peristiwa tersebut, Kapolres Mojokerto AKPB Ihram Kustarto menerjunkan jajaran anggotanya untuk membantu satu keluarga asal Jakarta Pusat tersebut.

“Kami langsung luncurkan teman-teman, baik dari Polsek, maupun teman-teman lalu lintas ataupun yang di pos pantau dan pos yan untuk langsung ke lokasi,” beber Ihram yang masih melakukan pengecekan arus lalu lintas di Trawas.

Bajaj yang mesinnya rusak itu, lanjut Ihram langsung dibawa anggotanya dengan cara di dorong menggunakan sepedamotor patwal ke Pos Polisi Jampirogo. Termasuk istri dan dua orang anak, serta satu cucu pemudik.

Baca juga  Nobar Timnas Indonesia U-23 di Mojokerto Berlangsung Meriah, Pj Wali Kota Tetap Support Timnas

Yakni, Dayu Dimas (43); Cindia Sera (20); Maulana (13); satu orang cucu, Achmad David Pratama. Mereka berangkat dari Jakarta melintasi Pantura.

“Di lokasi langsung membantu memberikan pertolongan, sebab yang kami kedepankan adalah keselamatan kepada keluarga tersebut. Selanjutnya untuk kerusakan kendaraan kami dorong, kami antarkan ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan agar bisa kembali berjalan di tempat tujuannya,” beber Ihram.

Selanjutnya Polres Mojokerto memfasilitasi dan mencarikan bengkel untuk perbaikan mesin bajaj itu. Bahkan, biaya perbaikan ditanggung sepenuhnya oleh kepolisian alias gratis lantaran sudah bekerjasama dengan bengkel kenamaan.

“Kami bantu berikan bantuan gratis, karena kami juga sudah bekerjasama dengan Astra Indonesia, dan sementara sambil menunggu perbaikan keluarga tersebut menunggu di Pos Jampirogo untuk mendapatkan layanan makan maupun beristirahat sejenak,” ucapnya.

Baca juga  Kampung KB Kanjeng Djimat di Kota Mojokerto Wakili Jawa Timur Melaju Tingkat Nasional

Kapolres Mojokerto ini pun menghimbau agar para pemudik yang melalukan perjalanan pulang kampung maupun akan kembali ke tujuan asal agar lebih berhati-hati dan memperhatikan kondisi kendaraan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

“Perhatikan keselamatan karena keselamatan lebih utama daripada kecepatan. Kami mohon juga diperhatikan kendaraannya, dicek dahulu kondisi mesinnya agar tak tak mengalami gangguan dalam perjalanan. Apabila mengalami gangguan silakan cari pos polisi terdekat atau jika tidak memungkinkan silakan langsung komunikasi telepon saya,” pungkas Akpol lulusan 2005. (ym)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed