KNKT Ungkap Rute Penerbangan di Black Box Lion Air

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengunduh data dari flight data recorder (FDR) pesawat Lion Air JT610. FDR itu menyimpan total data 69 jam penerbangan.

“Kita peroleh data black box ada 69 jam, terdiri dari 19 penerbangan, termasuk penerbangan yang alami kecelakaan, kemudian jumlah parameternya kurang lebih 1.800. Hasil download bisa dilihat ini adalah rute penerbagan berdasarkan FDR,” kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo kepada wartawan di kantornya, Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, ahad (4/11/2018).

Sementara data yang diungkap dalam jumpa pers ini adalah rute penerbangan.

DETAIL PENERBANGAN

Data yang diunduh memuat detail soal penerbangan Lion Air PK-LQP yang jatuh, mulai dari data parkir pesawat, take off, hingga arah penerbangan ke tenggara dan kemudian jatuh.

Baca juga  Indonesia Darurat Judi Online, Tahun 2023 Perputaran Uang Rp 327 Triliun

“Rekaman akhir berakhir pada Pukul 23.31 jadi 23.31 tanggal 28 Oktober UTC time, atau 29 Oktober pada pukul 6.31.54 WIB. Jadi ini data yang kita dapat dari FDR,” tambahnya.

Saat ini KNKT sedang memilah lagi parameter apa dari 1.800 yang dibutuhkan dan dianalisis apa yang terjadi dengan penerbangan itu.

DUA BLACK BOX

KNKT mengungkap, data penerbangan dari FDR sesuai dengan pemberitaan yang selama ini ada di media. Rutenya sama dengan yang digambarkan oleh situs Flightradar24.

KNKT masih mengharapkan data dari bagian black box lainnya, yaitu Cockpit Voice Recorder (CVR).

Dijelaskan Nur Cahyo, investigasi pada prinsipnya memanfaatkan informasi yang ada, KNKT mempunyai FDR dan memastikan datanya benar.

Baca juga  Aksi Militer Iran Merupakan Respons Terhadap Agresi Rezim Jahat Zionis

“Namun ada dua black box yang isinya berbeda, ada dua info yang berbeda, apabila dua-duanya ada amat sangat saling membantu dan mendukung, namun demikian kalau seandainya hanya ditemukan satu, maka kita akan berupaya maksimum akan apa yang kita punya,” urai Nurcahyo. 01/ bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed