Supermaket Indogrosir, Klaster Baru Corona di Yogjakarta

Pusat perbelanjaan, Supermaket Indogrosir daerah Melati, Sleman, menjadi klaster baru penyebaran virus Corona di Yogyakarta.

Terbentuknya Klaster

Tim Perencanaan Data dan Analisis Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, dr Riris Andono Ahmad menjelaskan, klaster Indogrosir terbentuk ketika terjadi penularan ke lebih dari satu individu dalam satu waktu atau momen.

Begitu ada satu penularan, lanjut Riris, yang lebih dari satu orang di saat waktu bersamaan, itu disebut sebagai klaster di dalam epidemiologi.

“Sangat sulit menentukan generasi penularan dalam klaster ini. Mengingat, alurnya yang sudah buram. Sehingga, penyebaran virus di dalam kelompok besar ini dianggap masih satu generasi,” ungkapnya Jumat malam (8/5/2020).

Baca juga  KPU Tetapkan Prabowo dan Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029

Satu Generasi

Menurut Riris, tidak diketahui siapa yang mendahului siapa dalam penularannya. Sehingga dari situ pihaknya hanya bisa menyimpulkan itu satu event.

“Kecuali, dari pasien itu kemudian menulari anggota keluarga atau masyarakat di sekitarnya, baru kita bisa katakan ada generasi berikutnya. Tetapi, semua transmisi dengan riwayat kontak di klaster tersebut akan kita treat sebagai satu generasi,” tegasnya. 01/Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed