Press "Enter" to skip to content

KKP Akui 131 Penumpang Bandara Soeta Positif Corona

Viral sebuah foto dimana terlihat 131 penumpang Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, positif Corona.

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bersama PT Angkasa Pura II (Persero) mengakui kabar tersebut.

Menurut Kepala KKP Kelas I Soekarno-HattaAnas Ma’ruf, foto yang disertai keterangan itu menimbulkan salah persepsi di tengah masyarakat.

Foto yang viral tersebut merupakan proses penanganan kedatangan penerbangan internasional repatriasi WNI, menggunakan Wamos Air yang mendarat di Soekarno-Hattapada 15 Mei 2020 dari Barbados.

“Berdasarkan laporan yang kami terima, penerbangan repatriasi oleh Wamos Air dari Barbados itu membawa pulang sekitar 203 WNI yang bekerja sebagai anak buah kapal [ABK] ke Tanah Air. Dan memang, berdasarkan laporan perwakikan pemerintah RI di luar negeri terdapat penumpang yang Reaktif pada tes cepat COVID-19,” ujarnya dalam keterangan pers, Senin (18/5/2020).

Baca juga  Pakar Pandemi Sarankan Pemerintah Fokus Aspek Kesehatan Masyarakat

SKRINNING

Anas mengaku, personel KKP dengan APD dan baju hazmat langsung melakukan penanganan skrining kekarantinaan kesehatan, termasuk melakukan rapid test terhadap seluruh penumpang pesawat, dan terdapat 131 penumpang yang reaktif terhadap COVID-19.

“Kemudian seluruh penumpang pesawat dilakukan penanganan lebih lanjut di RS Darurat Corona Wisma Atlet. Begitu turun dari pesawat, penumpang langsung diantar ke RSDC Wisma Atlet, tidak melalui terminal penumpang,” imbuhnya.

PENERBANGAN INTERNASIONAL

Anas Ma’ruf menegaskan penanganan penumpang yang tergambar di foto tersebut bukan terjadi di penerbangan domestik.

“Yang ada di foto viral itu adalah penanganan pada kedatangan penerbangan internasional repatriasi WNI dari Barbados,” tegasnya.

SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga menambahkan, protokol karantina memang dilakukan terhadap pesawat Wamos Air dari Barbados itu.

Baca juga  Bantuan Subsidi Upah Lewat Bank Swasta Cair Minggu ini

Dia menjelaskan, sebelumnya pesawat berangkat dari Barbados, pihaknya sudah mengetahui ada penumpang dengan positif COVID-19. Protokol khusus sebagai langkah antisipasi pun dijalankan.

“Pesawat tidak diarahkan merapat ke terminal penumpang, tapi diarahkan untuk parkir di apron yang telah ditetapkan untuk karantina dan isolasi pesawat. Kemudian, personel medis langsung melakukan pengecekan di lokasi tersebut. Setelah itu, dari apron tersebut penumpang langsung menuju RS Darurat Wisma Atlet,”tandasnya.01/ Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *