Press "Enter" to skip to content

Enam Bonus Dari Allah, Pasca Ramadhan

 

Oleh:

Nur Cahya Hadi, Direktur Majalah Nurani Indonesia

 

Bismillah…

Saudaraku, tanpa terasa ramadhan beberapa hari lagi akan meninggalkan kita. Kalau kita selama ramadhan melakukan semua yang diperintahkan Allah dan rasulnya yaitu puasa, sedekah, shalat taraweh, iktikaf, membaca Alquran dan amal ibadah lainnya, maka sesuai dengan janji Allah kita akan keluar ramadhan menjadi Muttaqin atau hamba Allah yang bertaqwa.

 

PREDIKAT TAQWA

Sebagaimana firman Allah dalam Alquran, tujuan kita diperintahkan puasa adalah supaya menjadi hamba Allah yang Muttaqin.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” ( QS Albaqarah ayat 183)

Saudaraku, yang dimaksud dengan hamba Allah yang bertaqwa adalah hamba Allah yang senantiasa tunduk patuh taat pada perintah Allah, dan menjauhi semua yang menjadi larangan Allah. Itulah hamba yang Muttaqin.

Nah, kalau kita keluar bulan ramadhan menjadi hamba yang mendapat predikat Muttaqin dari Allah, maka pada saat itulah Allah akan memberikan beberapa bonus yang tidak diberikan Allah kepada hambaNya yang lain. Apa saja bonus itu?

Baca juga  KB-TK Al Muslim Rayakan Hari Cuci Tangan Sedunia

 

ENAM BONUS

Saudaraku, bagi hamba Allah yang bertaqwa, Allah akan memberikan enam Bonus.

Bonus pertama adalah diberi kemudahan untuk mendapatkan solusi dalam setiap permasalahan hidup yang dihadapi. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

“..Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah (dengan mengerjakan peruntahNya dan meninggalkan laranganNya), niscaya Allah akan memberikan baginya jalan keluar (dari segala perkara yang menyusahkannya).” ( QS Attalaq ayat 2)

Bonus kedua, orang yang bertaqwa akan dimudahkan semua urusannya. Jadi semua urusan atau permasalahan yang kita hadapi akan diberi Allah kemudahan. Apakah berkaitan dengan pekerjaan, keluarga, rezeki dan sebagainya, akan dimudahkan Allah. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, Allah akan permudahkan segala urusannya.” (QS At Thalaq ayat 4).

Saudaraku, bonus ketiga yang akan kita terima pasca Ramadhan adalah dimudahkan dan dibukanya pintu rezeki untuk kita. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

Baca juga  Update Positif Corona 19 Juli: Tambah 1.639, Total 86.521 Orang

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi…..” (QS. Al-A’raf: 96).

Bonus keempat yang diterima hamba Allah yang bertaqwa adalah dihapusnya semua dosa dosa kita, yang kita lakukan selama hidup. Masya Allah, luar biasa. Janji Allah ini bisa kita lihat pada Firman Allah dalam alquran:

“..Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.” ( QS Attalaq ayat 5)

Bonus kelima yang akan diberikan Allah kepada hambanya yang Muttaqin adalah akan diberikan Ilham untuk bisa membedakan yang hak dan yang batil. Dengan kata lain, orang yang bertaqwa akan ditanamkan dalam hatinya furqon. Sebuah filter untuk bisa membedakan sesuatu itu benar atau salah. Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

‘ Hai orang-orang beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan. (QS Al Anfal ayat 29)

Baca juga  Komitmen Layani Masyarakat, LSP MUI Lakukan Asesmen Online di Tengah Pandemi COVID-19

Dan bonus keenam, adalah bonus yang paling utama dari semua bonus yang diberikan Allah kepada hambaNya yang bertaqwa adalah Bonus berupa rahmad Allah. Kasih sayang Allah kepada hambanNya yang tidak diberikan kepada hamba lain. Rahmad berupa kemudahan beribadah, ketenangan, ketentraman, kebahagiaan dan nikmat surga pada saat kita menghadapNya nanti.

Sebagaimana firman Allah dalam Alquran:

“… dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmad” (QS. Al Hujurot: 10)

Saudaraku, itulah enam bonus dari Allah untuk hambanya yang telah melaksanakan puasa dengan ikhlas, semata mata karena mencari ridho Allah. Semoga kita termasuk hamba Allah yang akan mendapatkan bonus tersebut….

Semoga bermanfaat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *