Press "Enter" to skip to content

Arab Longgarkan Aturan, Umrah dan Ziarah Sementara Ditangguhkan

Kementerian Arab Saudi kembali membuka perkantoran pemerintah dan sektor swasta, dengan protokol yang telah ditetapkan Kementerian Sumber Daya Manusia yang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

PENERBANGAN LOKAL

Dalam rilis Saudi Press Agency (SPA), Selasa (26/5/2029) Arab juga kembali mengizinkan penerbangan lokal dalam negeri.

“Mengizinkan kembali berpergian antar wilayah dengan transportasi umum.
Meneruskan izin aktivitas perdagangan sebelumnya, dengan penambahan restoran dan cafe dapat melayani pelanggan di tempat,” tulis SPA.

Namun demikian, Arab masih tetap melarang seluruh aktivitas yang tidak dapat dilakukannya pembatasan sosial, seperti salon kecantikan, salon cukur, klub olahraga dan kesehatan, pusat hiburan, bioskop, dan yang sejenisnya sebagaimana yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Baca juga  KPAI Menyesalkan Video Siswa Keroyok Guru

“Tetap melarang perkumpulan massa di tempat-tempat umum yang tidak menjaga pembatasan sosial, termasuk larangan menghadiri perkumpulan lebih dari 50 orang dalam, seperti pesta pernikahan, takziyah, dan semisalny,” lanjut SPA.

Mulai 29 Syawal 1441 (21 Juni 2020), Arab juga mengembalikan kondisi normal di seluruh wilayah dan kota Arab Saudi, kecuali kota Makkah Al-Mukarramah.

Dengan tetap memperhatikan instruksi kesehatan untuk tindakan pencegahan, pembatasan sosial, dan perawatan untuk menjaga dan melindungi infeksi terhadap kelompok berisiko tinggi, terutama orang tua dan mereka yang menderita penyakit kronis dan pernapasan.

Sedangkan untuk kota Mekah al-Mukarramah, tetap mengikuti prosedur sebagaimana dijelaskan poin-poin di atas.

“Menekankan kepada seluruh warga dan penduduk di Arab Saudi agar tetap melakukan prosedur dan tindakan yang berkaitan dengan pencegahan infeksi, seperti memakai masker, mencuci tangan, sterilisasi, dan pembatasan sosial,” terang SPA.

Baca juga  Khawatir Flu Babi Jadi Pandemi, Pemerintah Tingkatkan Pengawasan

DITINJAU BERKALA

Khusus untuk umrah dan ziarah, sementara tetap ditangguhkan. Kementerian Arab akan meninjau secara berkala dengan memperhatikan perkembangan data kesehatan.

“Tetap menangguhkan penerbangan internasional hingga pemberitahuan lebih lanjut,” jelas rilis SPA. 01/Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *