Press "Enter" to skip to content

Arab Longgarkan Aturan, Perdagangan dan Sholat Jumat Kembali Normal

Arab Saudi mulai melonggarkan sejumlah aturan selama pemberlakuan lockdown terkait pencegahan virus corona.

CABUT LARANGAN KELUAR

Kementerian Arab Saudi menyebut, pihaknya mencabut larangan bepergian keluar rumah secara bertahap di seluruh kota dan wilayah. Termasuk mengembalikan aktivitas perekonomian seperti sedia kala.

Menurut Kementerian Arab, keputusan ini berdasarkan pertimbangan dari otoritas kesehatan mengenai tindakan yang diambil oleh Kerajaan dalam menghadapi virus corona (Covid-19).

Saudi Press Agency (SPA) merilis, mulai Kamis, 5 Syawwal 1441 (28 Mei 2020) hingga Sabtu, 7 Syawwal 1441 (30 Mei 2020) mengizinkan warga untuk keluar rumah mulai jam 6 pagi hingga 3 sore di seluruh wilayah Arab Saudi, kecuali kota Makkah al-Mukaramah.

Baca juga  Doa Bersama, Jokowi Ajak Masyarakat Optimisme Hadapi Covid-19

“Diperbolehkan bepergian antar wilayah dan kota di Arab Saudi selama waktu diizinkan keluar rumah,” tulis SPA, Selasa (26/5/2020).

AKTIFITAS DAGANG

Arab juga mengizinkan aktivitas perdagangan sebagaimana peraturan sebelumnya, untuk jenis usaha: pertokoan grosir, retail dan pusat perbelanjaan (mall).

Namun demikian, Arab tetap melarang seluruh aktivitas yang tidak dapat dilakukannya pembatasan sosial. Seperti salon kecantikan, salon cukur, klub olahraga dan kesehatan, pusat hiburan, bioskop, dan yang sejenisnya sebagaimana yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.

Kedua, mulai Ahad, 8 Syawwal 1441 (31 Mei 2020), sampai dengan Sabtu, 28 Syawal 1441 (20 Juni 2020), Arab membuat aturan waktu dizinkan keluar rumah.

SHOLAT JAMA’AH

Mulai jam 6 pagi hingga 8 malam di seluruh wilayah Arab Saudi, kecuali kota Makkah al-Mukaramah. Kemudian, melanjutkan aktivitas yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca juga  Cara Ahli Waris Gantikan Jamaah Haji yang Wafat

“Diizinkan shalat Jum’at dan jemaah shalat wajib 5 waktu di seluruh masjid di Arab Saudi, kecuali masjid di Makkah al-Mukarramah, dengan tetap menjalankan protokol pencegahan penyebaran virus,” lanjut rilis SPA.

Tak hanya itu, Arab juga melanjutkan mendirikan salat Jumat dan jamaah di Masjidil Haram, sesuai dengan protokol kesehatan dan tingkan pencegahan yang kini diberlakukan.01/ Bagus

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *