Press "Enter" to skip to content

Arab Saudi Negara Teraman dari Corona di Banding Indonesia

Ada penelitian menarik tentang negara teraman dari covid-19 atau Corona.
Dari seratus negara teraman Covid-19 dalam masa pandemi, Indonesia menempati ranking 97, sementara Arab Saudi di posisi ke-17. Posisinya sangat jauh, padahal jumlah yang terjangkit Corona di Indonesia lebih sedikit dibandingkan dengan di arab saudi.


Peringkat ini berdasarkan laporan setebal 250 halaman, “COVID-19 Regional Safety Assessment (200 Regions).”
Sementara Amerika yang tengah dilanda krisis, menempati peringkat nomor 58, tepat di bawah Rumania, dan dua posisi di atas Rusia.


Laporan ini didasarkan pada 130 parameter kuantitatif dan kualitatif, lebih dari 11.400 titik data dalam kategori. Seperti efisiensi karantina, pemantauan dan deteksi, kesiapan kesehatan, dan efisiensi pemerintah.

Baca juga  Ibadah Puasa: Meningkatkan Kesalehan Sosial


Penelitikan dilakukan oleh Deep Knowledge Group, sebuah konsorsium perusahaan dan organisasi nirlaba yang dimiliki oleh Deep Knowledge Ventures, sebuah perusahaan investasi yang didirikan pada 2014 di Hong Kong.
Menariknya, ada perubahan signifikan dalam peringkat keamanan selama beberapa bulan pandemi.


Pada awalnya. negara-negara yang bisa bereaksi cepat terhadap krisis dan memiliki tingkat kesiapsiagaan darurat yang tinggi menempati peringkat teratas. Sekarang negara-negara dengan ekonomi tangguh berada di peringkat yang paling tinggi.


“Swiss dan Jerman mencapai posisi #1 dan #2 dalam studi kasus khusus baru ini, karena ketahanan ekonomi mereka dan cara yang hati-hati di mana mereka berusaha untuk relaksasi lockdwon dan secara faktual terjadi pembekuan ekonomi, dan melakukan kebijakan berbasis ilmu. pengetahuan, tanpa mengorbankan kesehatan dan keselamatan masyarakat,” menurut penelitian tersebut.
Di Asia tenggara justru Singapura menjadi yang teraman selama pandemi Covid-19, karena dia menduduki peringkat 4 dari 100 negara yang lain. (01)

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *